Kegiatan Menarik Dilakukan di Wisata Pulau Pramuka

Pulau Pramuka menjadi salah satu tempat wisata populer bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk menikmati liburan akhir pekan. Selain karena lokasinya yang cukup dekat, Wisata Pulau Pramuka juga menawarkan ragam pesona alam yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini cocok untuk liburan bersama keluarga, sahabat, pasangan, atau rekan kerja.

Salah satu pulau di kawasan Kepulauan Seribu yang berpenghuni ini tergolong besar dibandingkan pulau-pulau lain. Fasilitas yang ada di pulau ini pun cukup lengkap sehingga nyaman untuk liburan. Bagi Anda yang tertarik untuk liburan ke Pulau Pramuka, bisa mencoba berbagai aktivitas menyenangkan seperti berikut.

Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba di Pulau Pramuka

1. Snorkelling dan diving

Kegiatan seru yang wajib dicoba saat berlibur dengan paket wisata Pulau Pramuka 2 hari 1 malam adalah snorkelling. Rugi jika Anda tidak mengeksplor keindahan bawah lautnya yang indah dengan beragam terumbu karang. Anda juga dapat melihat ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari di balik terumbu karang yang dijumpai di beberapa spot snorkeling Pulau Pramuka.

Tidak perlu khawatir soal peralatan snorkelling, karena di tempat ini semuanya sudah disediakan lengkap. Fasilitas penyewaan alat snorkelling dan diving tersedia di Pulau Pramuka. Biasanya untuk paket wisata juga sudah dilengkapi dengan fasilitas ini sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari tempat penyewaan alat snorkelling.

Selain alat snorkelling, agen perjalanan seperti Dino Travel juga menyediakan fasilitas kamera underwater atau bawah air. Anda bisa membawanya untuk digunakan saat snorkelling karena pemandangan bawah lautnya yang sayang jika tidak diabadikan dalam kamera.

2. Mencoba water sport

Liburan akhir pekan Anda akan lebih mengesankan jika mencoba water sport yang ada di kawasan wisata Pulau Pramuka. Aktivitas ini akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Seru-seruan bersama sahabat atau kerabat dekat di tengah lautnya yang biru dan jernih.

Salah satu wahana yang wajib dicoba adalah banana boat. Anda bisa naik banana boat bersama beberapa orang untuk dibawa ke tengah laut. Tidak perlu cemas terjatuh ke laut karena semua penumpang pasti dilengkapi dengan alat pengaman seperti pakaian pelampung.

Anda perlu booking terlebih dahulu untuk bisa menikmati wahana permainan ini. Nantinya akan diarahkan oleh pemandu mengenai keselamatan saat bermain banana boat. Setelah itu, Anda cukup siap-siap untuk ditarik ke tengah laut dengan kecepatan penuh dan mungkin akan jatuh saat perahu sengaja menikung tajam.

3. Mengunjungi tempat penangkaran penyu

Tempat wisata ini juga memiliki area konservasi dan penangkaran penyu sisik. Pengunjung dapat melihat ke lokasi penangkaran yang menjadi tempat bagi telur-telur penyu untuk menetas. Wisatawan dapat melihat langsung bagaimana petugas merawat telur-telur penyu yang ada di penangkaran.

Baca juga: Keindahan dan Daya Tarik Wisata Pulau Pramuka

Apabila telur sudah menetas dan tukik atau anak penyu sudah cukup besar, mereka akan dilepaskan kembali ke laut. Wisatawan dapat ikut berpartisipasi untuk membantu tukik-tukik tersebut kembali ke habitat aslinya. Pastinya kegiatan ini akan menjadi pengalaman menyenangkan dan terlupakan untuk wisatawan.

4. Memancing

Bagi Anda yang lebih memilih aktivitas santai mungkin bisa mencoba memancing. Namun Anda perlu membawa peralatan pancing dan juga umpannya. Beberapa spot di sekitar dermaga dapat dijadikan lokasi untuk memancing.

Jika ingin lebih seru, Anda bisa menyewa kapal nelayan untuk membawa ke spot memancing di tengah laut. Namun perhatikan kondisi cuaca apabila akan memancing ke tengah laut dan sebaiknya membawa pelampung.

Ikan yang sudah berhasil dipancing bisa Anda bawa ke pantai untuk dibakar dan disantap bersama-sama dengan rombongan. Jika hasil tangkapannya banyak, Anda juga bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Ikan segar yang baru ditangkap ini tentunya memiliki rasa yang lebih enak dan sedap.

5. Piknik di pinggir pantai

Kegiatan wisata Pulau Pramuka bersama keluarga akan terasa menyenangkan dengan acara makan-makan. Anda bisa membuat jadwal untuk piknik di pinggir pantai dengan alas atau tikar. Menu makanannya bisa dengan membeli atau membuat sendiri.

Banyak wisatawan yang berlibur ke tempat ini dan mencoba membakar ikan atau barbeque. Jika Anda tidak ingin repot-repot menyiapkan bahan dan peralatan barbeque, silahkan pilih paket wisata yang menyediakannya seperti Dino Travel.

6. Berfoto-foto

Aktivitas yang tidak boleh terlewatkan saat liburan yaitu foto-foto. Jadi jangan lupa sebelum berangkat ke Pulau Pramuka, pastikan Anda membawa peralatan fotografi, baik itu kamera handphone maupun kamera profesional.

Ada banyak spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari pemandangan pantai yang eksotis, panorama sunset yang mempesona, hingga keindahan bawah lautnya yang bisa menjadi background foto liburan Anda.

7. Menjelajah pulau

Silahkan untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pulau Pramuka, bisa menjelajah pulau. Kegiatan yang biasa disebut dengan istilah island hoping ini bisa dilakukan dengan jalan kaki atau naik sepeda. Anda bisa berkeliling di sekitar dermaga, di area penginapan, di pantai, atau lainnya.

Baca juga: Pulau Pramuka, Destinasi Wisata Paling Tepat Saat Holiday!

Kegiatan ini bisa dilakukan bersama anak-anak bagi Anda yang membawa si kecil liburan ke Pulau Pramuka. Waktu terbaik untuk menjelajah pulau adalah pagi hari atau sore hari. Jika siang hari, cuaca di tempat ini cukup terik sehingga untuk beberapa orang mungkin tidak nyaman untuk jalan-jalan.

8. Berburu sunset dan sunrise

Hunting sunset wajib masuk dalam itinerary wisata Anda saat liburan akhir pekan di Pulau Pramuka. Keindahan langit senja dengan suasana syahdu akan memberikan ketenangan untuk Anda nikmati. Lebih menyenangkan lagi jika menikmati senja bersama pasangan atau orang terkasih.

Spot terbaik untuk menikmati senja berada di sekitar dermaga di sisi barat Pulau Pramuka. Area ini cukup bagus dan nyaman untuk wisatawan menunggu momen matahari terbenam. Menutup hari dengan pemandangan sunset dapat memberikan memori wisata Pulau Pramuka yang tak terlupakan.

Sedangkan untuk wisatawan yang menginap di pulau ini, maka bisa memiliki kesempatan untuk melihat pemandangan sunrise. Anda bisa bangun lebih pagi dan berjalan ke arah pantai untuk menyaksikan matahari terbit dengan lebih indah. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan waktu pagi untuk sekadar jogging dan menikmati udara segar.

9. Melihat penangkaran hiu

Kegiatan yang bisa Anda coba saat berlibur ke pulau ini selanjutnya adalah melihat tempat konservasi atau penangkaran hiu. Terdapat di sekitar perairan Pulau Pramuka yang menjadi tempat tinggal bagi beberapa jenis hiu langka yang dilindungi.

Selain melihat ikan predator yang populer ini, wisatawan juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang ikan hiu yang berenang bebas di tempat penangkaran. Gunakan kamera handphone atau peralatan fotografi yang Anda bawa untuk mengabadikan momen di sekitar tempat penangkaran ini.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di wisata Pulau Pramuka untuk menghabiskan waktu liburan dengan menyenangkan. Sebelum pulang, Anda juga bisa berburu oleh-oleh terlebih dahulu seperti ikan segar atau oleh-oleh lainnya sebagai buah tangan.

(OC/2022)

5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *