10 Jenis Kuliner Jogja Paling Enak Dan Murah!

Yogyakarta tak hanya dikenal dengan banyaknya tempat wisata, namun juga kuliner yang istimewa. Makanan khas Jogja ini tak hanya memiliki rasa yang enak namun harga yang cukup murah. Jadi tak perlu khawatir saat berwisata kuliner di Jogja. Berikut ini 10 jenis kuliner Jogja yang enak dan murah.

1. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon merupakan salah satu warung makan legendaris yang telah berdiri sejak 1958. Gudeg yang disajikan di tempat ini diolah menggunakan kayu bakar. Ciri khas dari Gudeg Pawon yaitu menu gudeg yang berkuah atau basah. Ini berbeda dengan kebanyakan gudeg yang dijual di Yogyakarta. Isiannya sendiri serupa dengan yang lain yaitu nangka muda, ayam, dan telur.

Tempat kuliner Jogja murah yang satu ini baru buka pada pukul 22.00. Meskipun buka malam hari para pengunjung tak pernah sepi dan harus antre. Harganya sangat murah mulai dari Rp13.000 – Rp40.000. Lokasinya berada di Jalan Janturan UH/IV No. 36, Umbulharjo, Yogyakarta.

2. Oseng Mercon Bu Narti

Selain gudeg, oseng mercon juga menjadi salah satu kuliner Jogja yang mudah ditemui. Salah satu warung makan yang cukup terkenal yaitu Oseng Mercon Bu Narti. Berbahan baku daging sapi tetelan/koyor dan dipadukan dengan bumbu pedas membuat masakan yang satu ini memiliki banyak penggemar. Di warung ini penjual mampu menghabiskan cabe sampai 10 kg.

Oseng Mercon Bu Narti buka mulai pukul 18.00 – 22.00. Harga oseng mercon cukup murah yaitu Rp15.000. Selain itu tersedia juga berbagai menu lainnya seperti ayam goreng, babat, lele, dan lain-lain. Warung ini berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Jl Purwodiningratan No. 110, Ngampilan, Yogyakarta.

3. Sate Klatak Pak Jono

Sate klatak merupakan sajian sate kambing yang ditusuk menggunakan jeruji sepeda. Salah satu warung di Jogja yang menyajikan sate klatak yaitu Warung Pak Jono. Di sini setiap tusuk terdiri dari 5 potong daging kambing. Daging yang digunakan di warung ini kebanyakan daging kicik yang bertekstur kenyal. Ada juga kuah gule yang disajikan terpisah.

Kuliner Jogja murah yang satu ini buka setiap hari mulai pukul 6 sore sampai 2 dini hari. Harga per porsinya mulai dari Rp20.000. Alamat Warung Pak Jono berada di Jl. Imogiri Tim, Wonokromo, Bantul.

4. Tongseng Gule Mbah Salam

Tongseng Gule Mbah Salam memiliki menu masakan dengan bahan daging kambing. Salah satunya tongseng kambing yang dimasak di atas bara api. Bumbu rempah yang digunakan dipadukan dengan daging kambing yang empuk bisa memanjakan lidah konsumen.

Warung kuliner Jogja ini buka setiap hari mulai pukul 05.30 – 13.00. Harganya cukup murah yaitu sekitar Rp18.000, lengkap dengan nasi putihnya. Warung sederhana ini berada di dalam Pasar Kotagede yang terletak di Jalan Mondorokan 172B, Kotagede.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Favorit Dan Populer

5. Walang Goreng Gareng

Bagi yang ingin mencicipi makanan unik dari Jogja maka bisa mencoba walang goreng atau belalang goreng. Saat ini makanan belalang goreng dikemas dalam toples sehingga bisa dibeli untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Walang goreng bisa ditemukan di Pusat Oleh-Oleh Gunungkidul Walang Goreng Gareng.

Destinasi wisata kuliner Jogja murah ini beralamat di Jl. Lkr Utara Jl. Dharmakumdharmakusuma No. 1, Selang V, Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul. Harga per toples untuk makanan ini yaitu Rp40.000. Tak hanya wisatawan yang pergi ke Jogja saja yang bisa menikmatinya karena saat ini banyak yang menjual secara online.

6. Mie Lethek Mbah Mendes

Mie lethek merupakan salah satu kuliner Jogja yang berasal dari Srandakan, Bantul. Bahan utama pembuatan mie lethek yaitu tepung tapioka dan singkong. Warna mie yang satu ini keruh dan kurang menarik jadi tak heran namanya mie “lethek”. Meski tampilannya seperti itu namun memiliki tekstur lebih kenyal dan bisa tahan lama tanpa adanya pengawet.

Salah satu warung yang menyajikan mie ini adalah Warung Mi Lethek Mbah Mendes. Warung ini terletak di Meguwo, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Warung Mbah Mendes buka setiap hari mulai pukul 11 siang sampai dengan 10 malam hari. Harga untuk satu porsi mulai dari Rp15.000.

7. Warung Brongkos Handayani

Warung Brongkos Handayani merupakan destinasi kuliner Jogja murah yang menyajikan menu brongkos. Brongkos merupakan makanan asal Jogja yang berbahan utama kacang tolo. Bahan lainnya yaitu kulit mlinjo, daging/lemak sapi, atau tahu dan telur ayam rebus. Warna brongkos hitam karena menggunakan kluwak seperti rawon. Dahulu makanan ini merupakan menu makanan kaum bangsawan.

Warung Brongkos Handayani buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai 7 malam. Harga seporsi brongkos Rp35.000. Ada juga menu lainnya seperti nasi rames dan soto ayam. Lokasinya berada di Jalan Gading No. 2, Patehan, Kraton.

Baca juga: 10 Jenis Kuliner Bandung Paling Enak Dan Murah

8. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut lele bisa jadi makanan pilihan untuk wisata kuliner Jogja. Salah satu warung yang menyajikan menu ini yaitu Warung Mbah Marto. Mangut lele sendiri merupakan olahan lele asap yang dimasak dengan bumbu rempah dan santan. Rasanya sendiri sangat gurih dan bisa menggoyang lidah. Di warung ini selain mangut lele, ada juga menu lain seperti garang asem.

Warung Mangut Lele Mbah Marto buka mulai pukul 10 pagi sampai 9 malam. Harga menu makanan di tempat ini mulai dari Rp10.000 – Rp25.000. Alamatnya terletak di Jl. Sewon Indah, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul.

9. Yangko Pak Prapto

Yangko merupakan salah satu makanan ringan tradisional berupa kue seperti moci. Kuliner Jogja yang satu ini terbuat dari tepung ketan dengan rasa yang manis dan gurih. Dahulu makanan ini dikenal sebagai makanan untuk para raja dan bangsawan. Namun saat ini lebih dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Jogja. Wisatawan yang ingin membeli bisa datang ke toko oleh-oleh seperti Yangko Pak Prapto.

Yangko Pak Prapto buka mulai pukul 8 pagi sampai 9 malam. Harga yangko satu kotak sekitar Rp30.000. Alamatnya terletak di Jl. Pramuka No. 82, Giwangan, Umbulharjo.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Kuliner Jakarta Paling Favorit Dan Populer

10. Bakpia Pathok 25

Wisatawan yang pergi ke Jogja biasanya akan membeli oleh-oleh bakpia pathok. Ada beragam merek bakpia, namun yang paling terkenal adalah Bakpia Pathok 25. Ada beberapa pilihan isi bakpia, antara lain kacang ijo, nanas, cokelat, keju, durian, dan kumbu. Bakpia di tempat ini dibuat secara fresh sehingga banyak disukai.

Pusat Bakpia Pathok 25 buka mulai pukul 6 pagi sampai 12 malam. Harga bakpia per kotak sekitar Rp35.000. Alamatnya berada di Jl. AIP II KS Tubun NG I/504, Desa Pathok, Yogyakarta. Selain di toko pusatnya, ada banyak toko oleh-oleh lainnya yang juga menjual bakpia dengan merek ini.

Itulah beberapa contoh destinasi wisata kuliner Yogyakarta yang patut untuk dikunjungi dan dicoba. Pergi ke Yogyakarta memang tak lengkap jika tak mencicipi makanan khasnya. Wisata kuliner Jogja murah bisa jadi pilihan yang ramah di kantong, namun tetap bisa memuaskan lidah.

(PP/2021)

5/5 - (3 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *