Menikmati Wisata Pulau Harapan yang Menyenangkan

Salah satu destinasi wisata bahari di Kepulauan Seribu yang banyak dikunjungi adalah Pulau Harapan. Kawasan wisata Pulau Harapan memiliki panorama alam yang tidak kalah menarik dengan pulau-pulau lain yang ada di pesisir utara Jakarta ini. Wisata pulau ini cocok untuk liburan semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Wisatawan cukup menyeberang dari Muara Angke menuju Pulau Harapan menggunakan kapal. Selanjutnya saat di Pulau Harapan Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan untuk mengisi waktu liburan. Berikut beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat Anda berlibur dengan paket wisata Pulau Harapan 3 hari 2 malam.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Pulau Harapan

1. Berburu sunset

Pemandangan pantai yang eksotis akan menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Namun akan lebih indah lagi saat senja dengan langit kemerahan yang terpantul di permukaan air lautnya. Hunting sunset memang menjadi aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Pulau Harapan.

Ada beberapa spot yang bisa digunakan wisatawan untuk melihat pemandangan matahari terbenam dengan lebih baik. Anda bisa berangkat ke tempat tersebut pada sore hari sambil menikmati suasana di sekitar pantai yang semakin syahdu.

Panorama sunset termasuk salah satu pesona wisata Pulau Harapan yang memikat banyak wisatawan. Pada malam harinya, bisa dilanjutkan dengan aktivitas lain di pinggir pantai. Apabila Anda bermalam di pulau ini, juga bisa berburu sunrise pada pagi harinya yang menawarkan pemandangan tidak kalah mempesona.

2. Snorkelling

Pulau Harapan memang identik dengan wisata bahari, jadi laut dan pantai adalah sajian utama dari tempat wisata ini. Bagi pengunjung yang menyukai keindahan bawah laut bisa mencoba berenang atau snorkelling di beberapa spot terbaik di sekitar Pulau harapan. Panorama di bawah airnya tidak kalah indah dengan yang ada di darat.

Anda akan diantar dengan kapal kecil untuk menuju spot menyelam. Beberapa spot terkenal yang sering digunakan untuk snorkelling ada di sekitar Pulau Macan Gundul dan Pulau Genteng. Cukup dengan menyewa peralatan snorkelling yang mudah untuk didapatkan di sana.

Kondisi air lautnya pun sangat bersih dan jernih. Anda bisa mendapatkan jarak pandang di bawah air yang lebih baik. Melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang hidup di sekitarnya. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikannya dengan kamera underwater.

3. Island hoping

Kegiatan yang cukup menyenangkan untuk dilakukan adalah island hoping atau menjelajah pulau. Apalagi untuk Anda yang ingin lebih dekat dengan alam dan mengeksplor lebih banyak pesona keindahan wisata Pulau Harapan ini. Menariknya, pulau di sini masih sangat alami dan tidak ada penduduk sehingga Anda akan lebih leluasa untuk menikmatinya.

Mengelilingi pulau yang tidak terlalu besar dengan jalan kaki merupakan aktivitas santai yang bisa dilakukan wisatawan. Anda bisa menjelajah pulau pada pagi hari dengan udara yang masih segar dan bersih. Apabila datang cukup siang, sebaiknya Anda tidak lupa untuk menggunakan pelindung seperti topi, kacamata hitam, dan sunblock.

Baca juga: Wisata Pulau Harapan untuk Liburan Keluarga

Menjelajah pulau tidak hanya dilakukan di Pulau Harapan ini saja. Anda juga bisa jalan-jalan di pulau lain seperti pulau Bidadari yang tidak kalah menarik. Agen perjalanan seperti Dino Travel dapat membantu Anda untuk mengeksplor beberapa pulau seperti Pulau Bulat, Pulau Dolphon, Pulau Perak, dan lain-lain.

4. Melihat penangkaran penyu

Saat berlibur ke Pulau Harapan, Anda sebaiknya mampir ke tempat penangkaran penyu. Di tempat inilah, penyu sisik dirawat mulai dari telur hingga menjadi tukik. Wisatawan diperbolehkan untuk masuk ke dalam dan melihat proses penetasan dari telur-telur penyu.

Setelah tukik siap untuk dilepas liarkan, maka wisatawan juga bisa ikut membantunya dengan membawa tukik-tukik tersebut ke pinggir pantai. Anak penyu yang masih lucu-lucu tersebut harus dikembalikan ke habitat aslinya yaitu laut.

5. Barbeque

Banyak wisatawan yang senang menghabiskan waktu liburannya di Pulau Harapan dengan kegiatan barbeque atau memanggang daging maupun ikan. Aktivitas ini memang menyenangkan terlebih lagi jika dilakukan bersama orang-orang terdekat.

Kegiatan barbeque ini paling cocok dilakukan pada sore atau malam hari di pinggir pantai. Anda bisa membakar ikan atau daging dengan bumbu barbeque yang pastinya akan menggugah selera makan. Bawa peralatan memasak Anda ke tepi pantai atau tempat yang nyaman untuk pesta barbeque.

Biasanya untuk peralatan barbeque ini juga sudah disediakan dalam paket wisata Pulau Harapan 3 hari 2 malam. Jadi wisatawan cukup duduk manis dan mulai membakar daging atau ikan di atas pemanggang. Bahan-bahan untuk saus barbeque pun disediakan sehingga lebih praktis dan mudah untuk wisatawan.

6. Menyusuri hutan mangrove

Wisata Pulau Harapan juga bisa dinikmati dengan jalan-jalan menyusuri area konservasi mangrove. Di sekitar pulau ini terdapat hutan bakau yang menyajikan pemandangan hijau dan segar. Selain memberikan pemandangan yang indah, keberadaan hutan mangrove ini juga penting untuk melindungi kawasan di pesisir laut.

Tanaman mangrove dengan akar-akarnya yang besar dan bercabang banyak biasanya tertutup air laut. Jadi wisatawan dapat menyusuri sekitar area hutan dengan menggunakan kapal nelayan. Namun saat air laut surut, akan cukup sulit untuk mendekat karena bisa membahayakan kapal.

Baca juga: Yuk Nikmati 5 Daya Tarik Pulau Harapan yang Tidak Dimiliki Pulau Lainnya

Hutan mangrove yang ada di sekitar Pulau Harapan ini menjadi tempat tinggal beberapa hewan seperti ikan-ikan laut, kepiting, udang, dan lainnya. Bagi yang pandai memancing, mungkin bisa mendapatkan beberapa tangkapan di tempat ini. Hutannya yang cukup rimbun juga menjadi tempat tinggal bagi burung-burung kecil.

7. Water sport

Jika sudah bosan dengan jalan-jalan di pulau atau pantai, Anda bisa ke spot water sport yang ada di sekitar Pulau Harapan. Anda bisa mencoba berbagai wahana olahraga air, mulai dari yang santai hingga yang memacu adrenalin. Wahana favorit bagi wisatawan adalah banana boat yang bisa dinaiki oleh beberapa orang.

Perahu akan menarik banana boat ke tengah laut dan berputar hingga banana boat terbalik. Penumpang pun akan berjatuhan ke laut namun aman karena menggunakan pelampung. Selain banana boat, ada juga wahana permainan lain yang bisa Anda coba.

Jika ingin lebih banyak water sport, Anda bisa ke Pulau Putri yang memiliki fasilitas lebih lengkap. Di pulau ini terdapat beberapa pilihan water sport seperti kano, banana boat, hingga jet ski. Silahkan Anda memilih wahana mana yang ingin dicoba untuk memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.

8. Memancing

Di sekitar dermaga Pulau harapan, terdapat beberapa spot yang bisa digunakan wisatawan untuk memancing. Anda cukup duduk dan melempar umpan untuk menunggu ikan menyambar umpan Anda. Ikan-ikan segar hasil pancingan bisa langsung dibakar atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari tempat liburan.

Itulah beberapa kegiatan yang wajib untuk dicoba saat berlibur ke Pulau Harapan. Destinasi wisata Pulau Harapan memang memberikan paket lengkap untuk Anda menikmati waktu liburan yang menyenangkan. Tempatnya pun ramah anak, sehingga cocok juga untuk liburan bersama keluarga.

(OC/2022)

5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *