Rute dan Info Wisata Pulau Tidung

Berlibur ke Jakarta bukan hanya soal kebun binatang, mall, atau bahkan tempat-tempat wahana wisata permainan di kawasan kota Jakarta. Cobalah melipir ke sejumlah pulau di Kawasan Kepulauan Seribu, tentu akan ada sensasi tersendiri, terlebih jika Anda mengunjungi wisata Pulau Tidung.

Pulau ini menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin menikmati lepas pantai Jakarta. Bahkan, di sini juga terdapat berbagai spot menarik yang kerap dijadikan latar belakang untuk berfoto.

Cara ke Pulau Tidung

Ada beberapa cara yang bisa digunakan buat Anda yang ingin menuju ke pulau Tidung. Ada baiknya jika Anda yang dari luar Jakarta atau berada di luar Jakarta Utara, pergi dulu ke sekitar pelabuhan Muara Angke atau Marina Ancol karena dari sinilah ada beberapa pilihan kapal yang bisa digunakan untuk menuju ke kawasan Pulau Tidung.

1. Kapal kayu

Salah satu pilihan transportasi yang bisa digunakan untuk mengangkut para penumpang ke Pulau Tidung adalah kapal kayu. Kapal ini berlabuh di pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara. Sewaktu akhir pekan, banyak kapal tersedia sehingga bisa Anda jadikan moda transportasi ke pulau Tidung.

Harga tiket untuk kapal kayu ini berkisar antara 40-50 ribu rupiah. Di kapal ini tidak ada sistem penomoran bangku, dan biasanya hanya lesehan di dalam kapal berlantai dua. Waktu tempuh untuk menuju ke Kawasan wisata Pulau Tidung menggunakan kapal kayu ini juga cukup lama, yakni sekitar 3 jam.

2. Kapal cepat

Selain dari Muara Angke, ke Pulau Tidung juga dapat ditempuh dari Marina Ancol. Lama perjalanan juga relatif lebih singkat, yakni hanya 1 jam saja. Kapal cepat yang tersedia dari Marina Ancol ini bisa Anda dapatkan dengan tarif tiket sebesar Rp150.000.

Info Wisata di Pulau Tidung

Kalau Anda ingin berwisata ke pulau Tidung, sebenarnya ada paket Pulau Tidung 3 hari 2 malam murah yang bisa Anda pilih. Ada juga beberapa jasa travel atau open trip yang tersedia. Namun Anda juga bisa berlibur sendiri alias single trip, tentunya dengan berbagai pengalaman yang bisa dibilang jauh lebih menarik.

Baca juga: 8 Spot Foto Terbaik di Wisata Pulau Tidung

Nah, untuk berwisata di Pulau Tidung secara lancar, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa info penting mengenai tempat ini. Tidak hanya seputar kawasan wisatanya saja, namun juga berbagai informasi seputar kawasan penginapan, transportasi selama di pulau, tempat kuliner, hingga fasilitas umum yang tersedia.

1. Penginapan

Meskipun kawasan wisata Pulau Tidung ini tidak terlalu luas, namun di sini ada berbagai pilihan penginapan yang tersedia. Tentunya, penginapan yang dimaksud lebih banyak berupa homestay atau cottage dengan harga sewa yang relatif terjangkau.

Harganya mulai dari Rp150.000 berkapasitas kamar untuk 2 orang dengan fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari AC, kamar mandi dalam, serta kasur yang nyaman. Namun, dengan harga ini tentu tidak ada fasilitas sarapan.

Penginapan dengan harga 300 sampai 800 ribu rupiah juga tersedia, tentunya dengan sejumlah fasilitas dan kapasitas yang lebih banyak. Meskipun bentuknya seperti kamar kos, namun masih nyaman jika hanya untuk tidur atau beristirahat.

2. Transportasi

Dulunya, pulau ini memiliki banyak becak kayuh, namun saat ini sudah diganti dengan becak motor alias bentor. Kendati demikian, masih tersedia juga sejumlah tempat penyewaan sepeda dengan tarif 15.000 untuk satu hari.

Selain lebih murah, berkeliling pulau menggunakan sepeda juga sangat menyenangkan. Anda dapat berhenti di beberapa spot sembari mengabadikan foto. Anda juga bisa berolahraga sambil menikmati pemandangan yang indah di sekitar pulau.

Kalau Anda merasa lelah, bentor memang bisa menjadi pilihan untuk mengantarkan Anda dari satu tempat ke kawasan wisata yang Anda inginkan. Meski demikian, tarifnya agak mahal, misalnya dari dermaga ke pantai di kawasan utara pulau, harganya bisa mencapai Rp50.000.

3. Kuliner

Buat Anda yang mencari restoran fast food di kawasan pulau Tidung, tentu tidak akan menemukannya. Justru yang akan Anda dapatkan adalah warung-warung makan yang sederhana dengan pilihan menu yang beragam. Bahkan di beberapa homestay, Anda dapat memesan paket makanan yang disediakan oleh pengelola.

Baca juga: Wisata Pulau Tidung Untuk Liburan Keluarga

Di beberapa tempat juga tersedia warung tenda kuliner di Pulau Tidung seperti pecel lele atau seafood. Harganya juga bervariasi, mulai dari 25.000 sampai dengan 80.000 rupiah satu porsinya. Dari segi rasa, tentu tidak perlu diragukan lagi, apalagi banyak seafood yang masih segar.

4. Fasilitas umum

Sejumlah fasilitas umum juga tersedia di kawasan wisata Pulau Tidung ini. Mulai dari mushola/masjid, ATM, bahkan ada juga beberapa gerai pulsa. Meski demikian, ada baiknya Anda menyiapkan sejumlah uang lebih karena biasanya ATM di sini terbatas.

Begitu pula dengan keberadaan sinyal ponsel. Ada baiknya jika Anda menyiapkan data seluler cadangan karena di beberapa tempat masih sulit menjangkau sinyal. Meskipun ada tempat pembelian paket data seluler, namun sebaiknya Anda juga menyiapkan cadangannya.

5. Spot Wisata

Jika berkunjung ke Pulau Tidung, tentu tidak afdol rasanya jika tidak berwisata ke berbagai spot menarik yang ada di sini. Salah satu yang menjadi ikon adalah Jembatan Cinta, yang menghubungkan antara pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil sepanjang kurang lebih 800 meter.

Selain itu, kawasan pantai di bagian utara pulau juga memiliki daya tarik tersendiri. Bagaimana tidak, di sini tersedia berbagai spot menarik, mulai dari ayunan kayu di tengah laut, dermaga kecil, atau bahkan sekedar bermain air di pinggir pantai. Jangan lupa abadikan momen dengan berfoto berlatar belakang lautan lepas.

Buat Anda pecinta sunset, di sini juga tersedia beberapa spot sunset point yang terdiri dari pantai dengan saung-saung yang ada di sekitarnya. Saat cuaca sedang bagus, matahari terbenam akan terlihat sangat jelas dan tidak kalah indah dengan sunset di Kawasan pantai Kuta atau Sanur di Bali.

Kalau ingin berwisata sambal belajar, Anda juga bisa mengunjungi area konservasi dan agrowisata di kawasan Tidung Kecil. Terdapat juga sebuah museum yang mengoleksi kerangka ikan paus berukuran raksasa.

Itulah beberapa info yang penting Anda ketahui sebelum memutuskan berkunjung ke kawasan wisata Pulau Tidung. Nah, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menambah referensi liburan Anda. Segera rencanakan liburan ke pulau Tidung untuk menikmati panorama alam yang indah dari ibukota Jakarta, ya!

(OC/2022)

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published.