Spot Wisata Pulau Pari Terbaik yang Harus Dikunjungi

Berlibur di pulau menjadi salah satu hal yang sangat menyenangkan. Dari ribuan pulau yang ada di Indonesia, Anda tentu wajib mendatangi salah satu pulau wisata yang ada di kawasan Jakarta bagian utara, tepatnya di wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu.

Pulau Pari adalah satu dari sekian banyak pulau berpenghuni di kawasan Kepulauan Seribu. Pulau ini memang tidak seterkenal Pulau Bali, namun ada banyak tempat wisata yang sangat cocok buat warga Jakarta yang ingin menikmati suasana pulau dan sekitarnya.

Deretan Tempat Wisata Hits di Pulau Pari

Nama pulau yang satu ini memang diambil dari sejenis ikan karena jika dilihat dari citra satelit, pulau ini berbentuk seperti ikan pari. Dengan luas yang mencapai lebih dari 40 hektar, pulau ini memang menyimpan kekayaan wisata yang beragam. Berikut beberapa pilihan tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama menjalani paket wisata Pulau Pari 3 hari 2 malam.

1. Pantai Pasir Kresek

Pantai yang satu ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Pulau Pari. Bukan hanya dari segi namanya saja yang unik, namun juga panorama dan fasilitas yang tersedia di sini sangatlah memadai. Anda dan keluarga dijamin akan betah untuk bermain di pantai ini.

Uniknya, Pantai Pasir Kresek memiliki penangkaran sejumlah hewan langka. Mulai dari penyu, bulu babi, bintang laut, hingga sejumlah spesies ikan pari dengan warna dan corak yang berbeda-beda. Selain untuk wisata edukasi, ikan-ikan yang ditangkarkan di sini juga bisa sebagai konsumsi sehingga Anda bisa membelinya, kemudian diolah dan disantap sembari menikmati pemandangan.

2. Pantai Pasir Perawan

Nama pantai yang satu ini juga sangat menarik, hal ini karena mitosnya di kawasan ini dulu ada seorang gadis cantik yang meninggal karena menunggu kekasihnya pulang. Kisah yang cukup melegenda di warga sekitar Pulau Pari ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk berwisata di pantai tersebut.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh pantai di kawasan wisata Pulau Pari ini adalah pasir yang bertekstur lembut dan masih asri. Hal inilah mungkin juga menjadi salah satu sebab penamaan pantai tersebut. Anda juga hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp5.000 dan meski murah namun fasilitas yang disediakan cukup memadai dengan pemandangan laut dan pulau yang menarik.

3. Pantai Bintang

Masih di kawasan wisata yang ada di Pulau Pari, Anda juga akan menemukan pantai lain yang dinamakan Pantai Bintang. Tidak ada sebab khusus yang membuat pantai ini dinamakan demikian, namun banyak wisatawan percaya bahwa nama Pantai Bintang dikarenakan banyaknya bintang laut yang terdapat pada sekeliling bibir pantai.

Baca juga: Mau Wisata Pulau Pari Lebih Asyik? Begini Tipsnya!

Dari dermaga pulau Pari, pantai ini berjarak sekitar 400 meter saja. Meski demikian, ada sejumlah fasilitas yang disediakan mulai dari gazebo, tempat duduk, hingga hammock yang cocok digunakan untuk bersantai dan melepas lelah setelah perjalanan ke Pulau Pari.

Salah satu yang menarik dari pantai ini adalah adanya tugu atau patung yang berbentuk bintang laut. Tugu inilah yang menjadi spot foto paling populer di kawasan pantau ini. Hal lainnya adalah pemandangan matahari terbenam yang sangat indah dan bisa Anda nikmati kala sore hari.

4. Pantai LIPI

Pulau Pari adalah salah satu pusat penelitian mengenai oceanografi di Indonesia. Tidak mengherankan jika di kawasan pulau ini terdapat sebuah pantai yang memang dikelola oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Dengan adanya berbagai kajian mengenai biota dan tanaman laut, tentu fungsi pantai ini tidak hanya sebagai sebuah tempat wisata namun juga tempat konservasi dan penelitian.

Meskipun dikelola oleh LIPI, para pengunjung wisata Pulau Pari juga masih bisa masuk ke kawasan pantai ini. Pasir putihnya yang halus, air yang jernih, dan memiliki pemandangan sunset yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain itu, suasananya juga lebih tenang karena letaknya yang jauh dari pemukiman padat penduduk.

5. Wisata snorkeling

Meski dikenal dengan wisata pantai, Pulau Pari juga dikenal memiliki pesona bawah laut yang sangat cantik. Anda dapat menyewa sejumlah perlengkapan snorkeling dan pergi ke tengah laut untuk melihat berbagai pemandangan yang tersaji.

Untuk bisa melakukan aktivitas air yang satu ini, Anda cukup menyewa alat seharga Rp30.000. Jika ingin agak lebih jauh ke tengah laut, Anda perlu menyewa kapal seharga 400-600 ribuan dengan jarak tempuh dari dermaga sekitar 45 menit. Meski demikian, hal ini akan terbayar lunas dengan banyaknya terumbu karang, ikan-ikan, dan arus laut yang tenang.

6. Water sport

Berwisata di daerah pantai dan laut kurang afdol rasanya jika tidak melakukan sejumlah aktivitas permainan air. Di sini tersedia sejumlah permainan seperti banana boat, sofa boat, hingga jet ski. Berbagai permainan bisa disewa dengan harga yang sangat terjangkau dan bisa memberikan pengalaman berbeda ketika berwisata ke pulau ini.

7. Wisata lagoon

Kawasan wisata Pulau Pari ini juga menyediakan sebuah laguna atau lagoon yang ada di sekitar pantai Pasir Perawan. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar laguna tersebut pada saat air laut sedang surut. Ya, laguna ini terbentuk dari daratan pasir putih yang digenangi dengan air laut yang sedang surut. Di genangan ini biasanya terdapat ikan-ikan kecil atau bahkan bintang laut.

8. Pantai Tanjung Rengge

Menjadi salah satu spot wisata baru yang ada di kawasan pulau Pari membuat pantai yang satu ini masih cukup jarang didatangi wisatawan. Letaknya ada di bagian timur pulau, dan cukup dekat dengan taman mangrove yang ada di bagian selatan.

Baca juga: Mengintip Pesona Keindahan Wisata Pulau Pari

Daya tarik pantai ini adalah ladang ilalang yang terdapat di sepanjang jalan menuju pantai. Tempat ini sangat cocok buat Anda yang sedang mencari spot foto yang instagramable. Karena berada di bagian timur, maka Anda yang sedang jalan-jalan pagi atau sambil bersepeda bisa menuju ke kawasan ini sembari berfoto.

9. Dermaga bukit matahari

Selain wisata air, Pulau Pari juga menawarkan wisata alam lain yang sangat menyenangkan, terutama untuk menikmati matahari. Tempat ini dinamakan dermaga bukit matahari yang dikenal akan suasana yang syahdu dan sayang untuk dilewatkan.

Di sini, Anda tidak hanya dapat berburu sunrise namun juga sunset. Bahkan di malam hari, tempat ini juga kerap digunakan untuk kuliner seperti barbeque-an karena tempatnya yang begitu eksotis.

10. Tempat kuliner dan belanja

Puas bermain air dan berfoto, Anda juga bisa berwisata kuliner dan berbelanja. Kawasan wisata Pulau Pari menyediakan sejumlah kios yang menjual berbagai souvenir seputar biota laut. Ada juga beberapa spot kuliner untuk mencicipi berbagai hidangan laut (Seafood).

Dengan begitu, liburan Anda dan keluarga akan semakin puas karena ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan. Selamat berlibur!

(OC/2022)

5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published.