10 Tempat Destinasi Wisata Jakarta Paling Hits Dan Populer

Sebagai ibukota negara sekaligus pusat pemerintahan, Jakarta jelas menjadi pusat perhatian dunia. Apalagi Jakarta termasuk kota terbesar di Asia Tenggara dengan jumlah penduduk lebih dari 10 juta jiwa. Cukup banyak destinasi wisata Jakarta yang sangat menarik untuk dikunjungi sebagai pelepas penat.

Penasaran apa saja tempat wisata Jakarta paling hits dan populer? Berikut 10 daftarnya:

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah atau disingkat dengan TMII merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata Jakarta paling populer. Bahkan bukan hanya di Indonesia, di kancah dunia pun TMII cukup sering dibahas.

Tempat wisata Jakarta yang satu ini dibangun di atas lahan seluas 150 Hektare! Taman ini bukan sekadar tempat rekreasi, melainkan tempat kita mengenal Indonesia secara menyeluruh. Hal itu diperlihatkan melalui 33 duplikasi bangunan rumah adat dari 33 provinsi, miniature kepulauan di Indonesia, museum, taman legenda, dan sebagainya. Untuk wahana hiburan, tersedia Snowbay Waterpark, Sky World, Teater 4 Dimensi, Aeromovel, Kereta Gantung, dan masih banyak lagi.

TMII buka setiap hari dari pukul 7 pagi hingga 10 malam. Tiket masuknya dijual seharga 20 ribu rupiah/orang, belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Museum Macan

Museum Macan turut mengisi daftar panjang tempat wisata Jakarta terpopuler. Macan sendiri merupakan singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Usia berdirinya belum lama. Kira-kira baru 2 tahunan sejak diresmikan untuk umum tahun 2017 silam.

Destinasi wisata Jakarta ini sangat cocok bagi para penikmat seni ataupun kolektor benda-benda antik. Sebab, Museum Macan memang mempertontonkan benda-benda bernilai seni tinggi karya seniman lokal, seniman luar, juga hasil dari hibah para kolektor. Bukan hanya lukisan, tapi juga patung-patung unik, ukiran, dan segala macamnya.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Pulau Seribu Paling Hits dan Menarik, dengan Biaya Murah Terjangkau!!

Lokasinya berada di Wisma AKR, Jalan Panjang no 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Tiap pengunjung dikenakan biaya masuk antara 65-100 ribu rupiah (tergantung usia).

Planetarium Jakarta

Jakarta juga punya tempat wisata edukasi. Salah satunya Planetarium Jakarta yang beralamat Jalan Cikini Raya Nomor 73, Menteng, Jakarta Pusat. Tempat ini seolah-olah mengajak kita berwisata ke luar angkasa, melihat benda-benda antariksa melalui alat-alat optical seperti teleskop. Ada juga ruangan simulasi yang menampilkan gambaran mengenai astronomi. Dimaksudkan agar anak-anak lebih mudah mengerti tentang sistem tata surya dan perkembangan alam semesta.

Planetarium Jakarta buka dari hari Selasa s/d Minggu. Khusus untuk hari Senin close karena digunakan untuk maintenance alat-alat. Tiket masuknya sangat terjangkau. Per orang hanya dikenakan tarif 7 ribu rupiah. Namun jika membawa rombongan maka tarif per orang hanya 5 ribu rupiah saja.

Kidzania

Kidzania sangat direkomendasikan untuk anak-anak. Destinasi wisata Jakarta ini bukan hanya sebagai tempat bermain bagi para bocah, tapi juga tempat belajar yang menyenangkan. Kidzania merupakan sebuah wahana yang luasnya sekitar 7.500 meter2. Dirancang seumpama sebuah kota dalam ukuran mini. Di dalamnya terbagi bilik-bilik yang mewakilkan sebagian besar profesi di dunia, seperti dokter, polisi, pemadam kebakaran, bidan, dan lainnya. Semua anak bebas menggunakan peralatan dan menempati bilik sesuai profesi yang mereka inginkan. Susana kota kecil Kidzania terasa sebagaimana hiruk pikuk kota asli. Seru sekali, bukan?

Bagi yang ingin main ke Kidzania, silakan datang ke Pacifik Place L6-601 Sudirman Central Business, Jalan Jendral Sudirman No- 52-53, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dengan membayar 200 ribu rupiah anak-anak sudah bisa merasakan keseruannya.

Taman Impian Jaya Ancol

Taman impian Jaya Ancol tak kalah dengan TMII sebagai tempat wisata Jakarta terhits. Taman ini ibarat negeri impian yang menyuguhkan berbagai macam wahana seru dan pertunjukan-pertunjukan menyenangkan. Sedikitnya ada 27 wahana di Fantasi World, 8 kolam di Atlantis Water Adenture, serta 8 pertunjukan di Ocean Dream Samudera. Selain bermain, Taman Impian Jaya Ancol juga menyediakan lapangan golf bertaraf internasional, hotel, cottage, resto, pusat perbelanjaan, hingga dermaga.

Baca juga: Ancol Buka Kembali 20 Juni 2020 dengan Menerapkan SSBB di Masa PSBB Transisi! Akses ke Kepulauan Seribu Dibuka Kembali!

Daya tarik lainnya, tempat wisata Jakarta ini terletak tak jauh dari pusat kota, yakni sekitar 7 kilometer saja dari tugu Monas. Setiap pengunjung dikenakan biaya masuk berlapis, mulai dari gerbang utama hingga pos masing-masing wahana yang ingin dicoba.

Pulau Tidung

Jenuh dengan suasana perkotaan? Cobalah menepi sejenak ke Pulau Tidung. Pulau Tidung merupakan pulau kecil di Kepulauan Seribu. Secara administratif pulau ini masih termasuk dalam bagian ibukota Jakarta. Setelah pesona alamnya terekspos, kini Pulau Tidung menjadi destinasi wisata yang tidak pernah sunyi dari kedatangan pelancong.

Laiknya sebuah pulau di tengah lautan, suasana alam Pulau Tidung masing asri. Udaranya segar. Air lautnya bening kebiru-biruan. Siapapun yang menginjakkan kaki ke sini, pastilah betah.

Baca juga: Serunya Liburan ke Pulau Tidung, Kunjungi Objek Wisata Berikut Ini!

Akses ke lokasi cukup mudah. Dari dermaga Marina Ancol, kita tinggal membeli tiket speedboat. Jarak tempuhnya hanya sekitar 32 mil saja atau setara 1 jam perjalanan laut.

Pulau Pari

Memiliki hamparan pantai pasir putih yang indah, tentu saja pulau pari menjadi destinasi favorit wisatawan lokal, khususnya mereka yang berasal dari jabodetabek. Pulau pari menawarkan konsep wisata menarik seperti yang ditawarkan pulau tidung. Snorkeling, sepeda santai, watersport, barbequan, menikmati pantai, dan masih banyak lagi kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di pulau pari.

Baca juga: Trip Ke Pulau Pari dengan Harga Paling Murah & Terjangkau

Di pulau pari Anda bisa menikmati banyak objek wisata pantai yang indah dan cantik. Terdapat banyak spot foto instagramable yang bisa Anda temui. Selain itu, pulau ini mudah dijangkau dan lebih dekat ditempuh daripada pulau tidung.

Pulau Bidadari

Masih seputar objek wisata pulau. Selain Pulau Tidung dan Pulau Pari, Jakarta juga punya Pulau Bidadari yang tak kalah elok. Lokasinya bahkan lebih dekat daripada Pulau Tidung. Dapat ditempuh dalam waktu 20 menit saja menggunakan speedboat via marina ancol.

Di sini kita bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berenang di kolam renang infinity, waterspot seru, bersepeda, sun bathing, island hopping, dan lainnya. Bahkan sudah tersedia cottage-cottage layak huni bagi yang ingin bermalam di Pulau Bidadari.

Baca juga: Wisata Pulau Bidadari Resort Favorit Di Kepulauan Seribu

Kota Tua

Kota Tua, sebuah nama yang mewakilkan suasana tempat wisata ini. Aura tempo dulu terasa begitu kental saat kita menjejak ke sini. Bangunan-bangunan peninggalan zaman Belanda seperti Museum Fatahillah, Gedung Merah, Museum Bank Indonesia, Museum Bahari, berdiri kokoh dan masih tampak terawat hingga sekarang.

Walaupun lawas, namun nilai artistik dan historisnya sangat tinggi. Pantas jika Kota Tua senantiasa ramai dikunjungi wisatawan. Lokasinya berada Jl. Taman Fatahillah No.1, RT.7/RW.7, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, Jakarta. Tidak ada jadwal berkunjung karena Kota Tua bersedia menyambut wisatawan selama 24 jam setiap hari.

Taman Wisata Alam Mangrove

Terletak di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, Taman Wisata Alam Mangrove turut menjadi destinasi wisata kebanggaan warga Jakarta. Sesuai namanya, taman ini berlatar belakang hutan bakau yang asri. Kita dapat menyusurinya di dari atas jembatan sembari menyaksikan burung-burung terbang rendah. Bahkan jika ingin menginap, tempat ini menyediakan fasilitas berupa pondok-pondok. Untuk turis lokal dikenakan biaya masuk senilai 25 ribu rupiah, sedangkan turis asing 250 ribu rupiah.

Itulah 10 daftar destinasi wisata Jakarta paling hits dan populer. Jangan lewatkan jika Anda berkesempatan singgah ke Jakarta.

Baca juga: 15 Tempat Destinasi Wisata Bandung Paling Hits Dan Populer

Berwisata tak asik rasanya tanpa berbelanja. Datanglah ke Pasar Taman Puring di Jalan Kyai Maja, Kebayoran Baru. Di sini tersedia barang-barang branded seperti sepatu, tas, pakaian olahraga, jam tangan, dan segala macamnya dengan harga-harga miring. Mengapa harganya murah? Ternyata produk-produk branded di sini merupakan produk reject dari pabrik. Jadi pasti ada bagian-bagian yang mungkin minus. Tapi jangan takut, biasanya minusnya tidak parah bahkan tidak kelihatan jika tidak diamati secara teliti. Pasar ini ramai setiap hari dan semakin padat pada akhir pekan.

(PP/2020)

4.7/5 - (4 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *