10 Tempat Destinasi Wisata Yogyakarta (Jogja) Paling Hits Dan Populer

Yogyakarta sejak lama menjadi salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan destinasi wisata sejarah dan budaya. Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi di sini tak hanya jalan Malioboro dan keraton saja. Berikut ini 10 destinasi wisata Jogja populer yang patut dikunjungi:

1. History Of Java Museum

History of Java Museum merupakan museum yang menyimpan barang-barang bersejarah dari Jawa namun menampilkannya secara modern. Museum ini dilengkapi dengan AR yang dapat memunculkan gambar 3 dimensi. Beberapa koleksi menarik di museum ini misalnya ukiran semar, patung kepala garuda, pataka, dan lentera dari masa Kerajaan Kadiri/Kediri.

Tempat wisata Jogja ini buka mulai pukul 09.00-18.00. Harga tiketnya untuk wisatawan lokal Rp30.000, dan wisatawan internasional Rp50.000. Alamatnya di Jl. Parangtritis km 5.5, Sewon, Bantul.

2. Kids Fun Park

Kids Fun Park merupakan tempat wisata Jogja yang berupa taman bermain dengan berbagai arena permainan yang cocok untuk anak-anak dan keluarga. Ada arena balapan, bianglala, sampai kolam renang. Fasilitasnya juga cukup lengkap dengan adanya foodcourt.

Kids Fun Park pada hari Senin-Jumat buka mulai pukul 10 pagi sampai 6 sore. Sedang pada hari Sabtu/Minggu/hari libur buka pada pukul 8 pagi sampai 6 sore. Harga tiket masuknya mulai Rp71.500 – 90.000. Alamatnya berada di Jl. Wonosari KM 10, Piyungan, Bantul.

3. Istana Air Tamansari

Taman Sari awalnya sebuah situs taman atau kebun yang dibangun pada abad ke-18. Bangunanya terdiri dari gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, dan danau buatan. Destinasi wisata Jogja yang satu ini sekarang sangat populer karena bersejarah dan indah. Banyak wisatawan yang berfoto di tempat ini karena instagramable.

Baca juga: 10 Spot Foto Wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu Yang Kekinian dan Instagramable, Wajib Coba!!

Tamansari buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai 3 sore. Harga tiketnya hanya Rp5.000. Alamatnya berada di Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

4. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu memiliki luas 1,2 hektar dengan desain bangunan bergaya jawa nostalgia. Terdapat beragam koleksi mulai dari lukisan, foto sejarah, kain batik, karya sastra, arca, serta etnografi Mataram Islam. Koleksi museum ini sebagian besar merupakan warisan budaya tak benda yang diabadikan dalam lukisan naratif. Selain melihat koleksi, wisatawan juga bisa mengikuti kegiatan klub diskusi dan pemutaran film dokumenter.

Museum ini pada Selasa – Jumat buka mulai pukul 08.30 – 16.00, dan Sabtu-Minggu pukul 08.30 – 17.00. Harga tiket masuk mulai dari Rp20.000 – Rp40.000. Alamat destinasi wisata Jogja ini berada di Jl. Boyong KM 25, Sleman, Yogyakarta.

5. Goa Jomblang

Bagi yang suka berpetualang maka bisa mencoba untuk datang ke Goa Jomblang. Tempat wisata yogyakarta yang satu ini berupa goa vertikal yang untuk masuk ke dalamnya harus dengan bantuan tali yang diturunkan ke dasar goa. Kedalaman goa ini bervariasi antara 15-80 meter. Wisatawan yang datang nantinya akan diberikan pelatihan singkat agar bisa sampai ke dasar goa dengan aman.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Pulau Seribu Paling Hits dan Menarik, dengan Biaya Murah Terjangkau!!

Goa Jomblang bisa dikunjungi mulai pukul 08.00-14.00. Tidak ada tiket masuk, namun perlu pemandu dan peralatan sehingga biaya yang perlu dikeluarkan antara Rp450.000 – Rp1.000.000. Alamatnya berada di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul. Menuju ke tempat ini bisa menggunakan mobil dengan waktu perjalanan dari pusat kota Jogja sekitar 1,5 jam.

6. Wisata Alam Pinus Pengger

Wisata Alam Pinus Pengger cocok bagi yang suka menikmati keindahan alam. Para wisatawan bisa datang mulai pagi sampai malam hari. Tak hanya keindahan pepohonan pinus, namun terdapat berbagai spot foto menarik yang telah disiapkan oleh pengelola. Beberapa fasilitasnya antara lain spot foto, spot camping, mushola, ayunan, gazebo, area parkir, toilet, dan lain-lain.

Baca juga: Ini Loh, 5 Spot Camping di Pulau Seribu yang Paling Favorit!

Tempat wisata ini buka mulai pukul 6 pagi sampai 12 malam. Harga tiket masuknya hanya Rp5.000. Lokasinya beralamat di Jl. Dlingo-Patuk, Dlingo, Bantul. Jaraknya sekitar 21 km dari Jogja atau sekitar 45 menit dengan kendaraan bermotor.

7. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Tempat wisata Jogja yang satu ini menawarkan wahana kolam renang permainan air yang memanjakan pengunjung mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Jogja Bay Waterpark disebut sebagai salah satu waterpark terbesar di Asia Tenggara. Beberapa wahananya antara lain memo racer, bekti adventures, volcano coaster, timo-timo rider, jolie raft river, harbour theater, dan lain-lain.

Jogja Bay pada hari kerja buka pukul 09.00 – 16.00 (loket), sedangkan wahana sampai pukul 18.00. Pada weekend buka pukul 08.00 – 16.00 (loket), sedangkan wahana pukul 09.00 – 18.00. Harga tiket reguler untuk hari kerja sebesar Rp90.000, sedangkan weekend Rp100.000. Alamat Jogja Bay berada di Jalan Utara Stadion, Maguwohardjo, Depok, Sleman, Jogjakarta.

8. Museum Affandi

Destinasi wisata Jogja Museum Affandi cocok dikunjungi oleh pecinta seni. Museum ini menyimpan berbagai koleksi lukisan karya pelukis legendaris Affandi. Tak hanya lukisan, di sini juga tersimpan benda peninggalan lainnya sperti mobil dan sepeda. Ada empat galeri yang juga menampilkan karya pelukis lainnya.

Museum Affandi buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai 4 sore. Para pengunjung lokal bisa masuk dengan harga tiket Rp50.000 (gratis soft drink dan souvenir), dan bagi pengunjung internasional Rp100.000 (gratis soft drink dan souvenir). Bagi yang membawa kamera maka perlu membayar biaya tambahan Rp30.000, sedangkan kamera ponsel Rp20.000. Museum ini berlokasi di Jl. Laksda Adisucipto 167, Jogjakarta.

9. Taman Pintar Yogyakarta

Seperti namanya Taman Pintar Yogyakarta merupakan tempat wisata Jogja yang bertema edukasi. Beberapa wahana yang bisa dikunjungi antara lain wahana bahari, science theater, playground, zona perpustakaan, kampung kerajinan, planetarium, gedung PAUD, gedung kotak, dan gedung oval.

Taman Pintar buku mulai pukul 08.30 – 16.00. Harga tiketnya bervariasi untuk setiap wahana, misalnya gedung oval-kotak Rp12.000 (anak-anak) dan Rp20.000 (dewasa), planetarium Rp22.000, wahana bahari Rp6.000, dan lain-lain. Selain kunjungan sendiri, bisa juga mendaftar untuk kunjungan rombongan dengan tarif khusus. Alamat Taman Pintar berada di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Gondomanan, Yogyakarta.

10. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau Situs Ratu Boko merupakan tempat bersejarah yang dulu digunakan oleh Rakai Panangkaran saat mengundurkan diri dari Raja Mataram. Terdapat beberapa arca seperti Arca Dyani Budha Tetapi, Arca Durga, Ganesha, dan Yoni. Situs yang berada di ketinggian 200 mdpl ini disebut sebagai kawasan keraton yang cukup lengkap karena terdiri dari pintu gerbang, pendopo, kolam pemandian, tempat tinggal, dan pagar pelindung. Saat matahari terbenam, lokasi ini sangat cocok digunakan sebagai spot foto karena latar belakang warna langit yang menawan.

Baca juga: 15 Tempat Destinasi Wisata Bandung Paling Hits Dan Populer

Destinasi wisata Jogja yang satu ini buka mulai 6 pagi sampai 5 sore. Harga tiketnya untuk anak-anak Rp20.000 dan dewasa Rp40.000. Ada juga tiket terusan dengan candi lainnya seperti Prambanan dan Borobudur sebesar Rp35.000 – Rp75.000. Alamatnya berada di Jl. Raya Piyungan – Prambanan KM 2, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Ada banyak tempat wisata yogyakarta lainnya yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Sebelum memutuskan untuk pergi ada baiknya untuk mencari tahu lebih dahulu informasi lokasi dan tiketnya.

(PP/2020)

5/5 - (3 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *