Wajib Coba! Liburan Seru Ke Pulau Seribu

Pulau Seribu jadi destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat sedang berada di sekitaran Jakarta. Apabila sudah bosan dengan kondisi Jakarta yang macet, Anda bisa healing ke Pulau Seribu dan menikmati suasana serta keindahan alamnya. Banyak yang bisa Anda temukan di wisata Pulau Seribu ini.

Cara Pergi Ke Pulau Seribu

Sebelum memutuskan untuk pergi ke Pulau Seribu maka perlu diketahui terlebih dahulu akses menuju tempat tersebut dan transportasi apa yang bisa digunakan. Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara Anda untuk dapat sampai ke tempat wisata yang ada di Pulau Seribu.

Akses menuju pulau seribu dapat ditempuh melalui dua jalur yaitu melalui Ancol dan melalui Muara Angke atau Kali Adem. Keduanya sama – sama ditempuh melalui jalur laut dengan kapal dan tarif yang berbeda.

1. Kapal Cepat Jalur Ancol

Jika Anda ingin ke Pulau Seribu melalui Ancol maka bisa menggunakan kapal cepat dengan tarif sesuai dengan tujuan ke masing-masing Pulau. Tarif yang dikenakan akan semakin besar apabila pulau yang dituju memiliki jarak yang semakin jauh.

Tiket kapal cepat via Ancol ini dapat Anda pilih dengan tarif mulai dari Rp 125.000 sampai Rp 375.000 untuk sekali jalannya. Kapal cepat Ancol mulai berangkat pada pukul 08.00 WIB.

2. Kapal Feri Jalur Muara Angke atau Kali Adem

Akomodasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan yaitu Kapal Feri dari jalur Muara Angke atau Kali Adem. Sama seperti menggunakan kapal cepat dari Ancol, kapal feri dari Muara Angke ini juga tarifnya tergantung dari pulau yang Anda tuju. Semakin jauh pulau yang Anda tuju maka tarifnya akan semakin mahal begitu pula sebaliknya.

Tarifnya tentu jauh lebih murah mulai dari Rp 85.000 sampai Rp 105.000 untuk satu kali jalan saja. Kapal dari Muara Angke atau Kali Adem ini akan diberangkatkan pada pukul kosong 07.30 WIB. Sebaiknya untuk menghindari antrian panjang Anda bisa berangkat lebih pagi dari rumah.

Apabila Anda pergi ke Muara Angke dengan menggunakan kendaraan pribadi maka bisa menitipkan pada tempat penitipan kendaraan yang ada di merangkai ini dengan tarif Rp 25.000 untuk motor dan Rp 50.000 untuk mobil.

Destinasi Wisata di Pulau Seribu yang Wajib Dikunjungi

Setelah mengetahui cara pergi ke pulau seribu maka Anda juga harus mengetahui wisata apa saja di Pulau Seribu. Sehingga saat berada di Pulau Seribu Anda tidak merasa bingung dan harus memilih destinasi wisata secara acak dan mendadak. Berikut ini beberapa destinasi wisata Pulau Seribu yang bisa Anda jadikan pilihan.

  • Pulau Bidadari

Pulau bidadari jadi salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Ancol hanya 25 menit sehingga membuat pulau ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pulau Bidadari ini disebut juga dengan Pulau Eco Resort. Lingkungan alam di Pulau Bidadari ini masih tetap terjaga keasriannya.

Pulau Bidadari ini punya beberapa hal yang menarik untuk Anda kunjungi seperti Benteng Martello yaitu Benteng peninggalan dari Belanda. Selain itu ada juga Patung Tanduk Tujuh Belas dan berbagai wisata kuliner yang bisa Anda nikmati.

Pulau Bidadari juga merupakan pulau yang terkenal dengan wisata baharinya. Ada banyak aktivitas yang berkaitan dengan air yang bisa Anda pilih seperti snorkeling, canoe, memancing, banana boat dan lain sebagainya.

  • Pulau Pramuka

Pulau pramuka menjadi destinasi wisata selanjutnya saat mengunjungi Pulau Pramuka. Pulau ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang sangat luar biasa sehingga sangat cocok apabila Anda ingin melakukan kegiatan snorkeling.

Apa banyak terumbu karang dan ikan – ikan yang indah di dalam laut yang bisa Anda nikmati. Selain itu, tempat ini juga punya penangkaran penyu dan ikut melepaskan anak penyu ke laut lepas. Selain sebagai wisata juga bisa sebagai sarana untuk edukasi.

Baca juga: Berlibur ke Wisata Pulau Seribu yang Indah!

  • Pulau Onrust

Pulau ini banyak memiliki peninggalan sejarah dari Belanda berupa arkeolog. Pulau ini tidak jauh dari Pulau Bidadari dan dulunya sering dijadikan tempat untuk transit kapal Belanda. Berbagai bangunan serta peninggalan sejarah Belanda bisa Anda nikmati di Pulau Onrust ini.

Pulau ini juga punya Museum Taman Arkeologi Onrust yang di dalamnya terdapat miniatur dari Pulau Onrust.

  • Pulau Ayer

Wisata Pulau Seribu selanjutnya yang bisa Anda kunjungi yaitu Pulau Ayer. Pulau ini disebut juga dengan Mutiara Kepulauan. Dulunya tempat ini menjadi tempat peristirahatan dari Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno.

Ada berbagai aktivitas seru yang bisa Anda nikmati di Pulau ini seperti berenang, bermain bola voli, memancing, bermain basket, bermain tenis, berselancar, jet ski, banana boat dan aktivitas lainnya. Dengan berbagai aktivitas yang bisa Anda mainkan membuat liburan di Pulau Seribu tidak akan membosankan.

  • Pulau Macan

Pulau Macan jadi yang sangat cocok dikunjungi menjelang sunset. Siang harinya Anda bisa pergi ke Pulau lainnya dan untuk penginapan Anda bisa mengunjungi Pulau Macan. Pulau ini sangat cocok untuk melihat sunset atau matahari terbenam yang bisa dinikmati dari dalam kamar resort.

Sembari beristirahat Anda bisa menikmati matahari yang tenggelam. Selain itu, apabila ingin datang di siang hari maka Anda bisa berjemur ataupun bermain snorkeling di Pulau Macan ini. Wilayah Pulau Macan bukan hanya tempat wisata Pulau Seribu apa saja tetapi juga tempat pelestarian alam.

Pengunjung yang datang di pulau ini juga bisa ikut serta menumbuhkan Koral di sekitaran Pulau Macan.

  • Pulau Putri

Pulau Putri ini memiliki banyak sekali pengunjung. Pulau ini banyak disukai karena pengunjung ingin melihat biota laut tanpa perlu melakukan kegiatan snorkeling. Ada Undersea Tunnel Aquarium yang bisa membuat Anda menikmati keindahan biota laut dari bawah terowongan.

Wisatawan Pulau Putri juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan menggunakan Glass Bottom Boat. Kapasitas kapal ini bisa dinaiki 30 orang yang lengkap dengan tempat duduk dan juga terdapat kaca tebal. Anda dapat melihat langsung pemandangan laut yang indah dari sini.

Anda juga bisa menikmati keindahan sunset di sore hari yaitu melalui tempat sunset cruise yang ada di Pulau ini.

  • Pulau Tidung

Lalu, ada Pulau Tidung yang bisa Anda kunjungi yaitu Tidung Kecil dan Tidung Besar. Pulau Tidung Kecil di khususkan untuk pelestarian mangrove. Pemandangan indah dari pulau ini akan menyapa Anda dan membuat Anda merasa betah tentunya.

Jika Anda tidak ingin repot berkeliling sendiri maka bisa menggunakan jasa paket wisata Pulau Seribu. Dengan begitu Anda tidak akan merasa repot dan bingung akan pergi kemana. Karena semua sudah di atur oleh pihak penyedia jasa yang ada di wisata Pulau Seribu. Jangan lupa untuk tetap menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

(OC/2022)

5/5 - (4 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *