Wisata Pulau Harapan untuk Liburan Keluarga

Pulau Harapan adalah salah satu pulau kecil yang ada di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta. Kawasan ini terkenal dengan wisata bahari yang menawarkan pemandangan alam indah dan eksotis. Wisata Pulau Harapan menjadi destinasi populer bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Menyuguhkan beragam pesona dan daya tarik yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Pulau Harapan juga memiliki fasilitas yang cukup memadai sehingga nyaman untuk liburan bersama keluarga dan anak-anak. Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Pulau Harapan dan tertarik untuk berlibur ke sana, Anda bisa memesan paket wisata Pulau Harapan 2 hari 1 malam hari lhoh. Nah, berikut ulasannya untuk Anda.

Daya Tarik Pulau Harapan

1. Pemandangan alam

Pesona keindahan alam yang ditawarkan Pulau Harapan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Mulai dari pemandangan pantai berpasir putih, panorama bawah laut, hingga hutan mangrove. Semuanya dapat ditemukan di kawasan wisata ini.

2. Tempat penangkaran penyu

Daya tarik lainnya dari wisata Pulau Harapan adalah keberadaan tempat penangkaran penyu. Jenis penyu yang ada di tempat ini adalah penyu sisik. Tempat ini digunakan untuk mengembangbiakkan penyu mulai dari penetasan hingga menjadi tukik yang siap untuk dilepas ke laut.

3. Hutan mangrove

Pesona keindahan Pulau Harapan semakin lengkap dengan keberadaan hutan mangrove. Di salah satu sisi pulau ini, terdapat area konservasi mangrove kondisinya cukup bagus. Selain untuk melindungi ekosistem, kawasan ini juga menjadi ekowisata yang menarik untuk dikunjungi.

4. Spot snorkelling

Pulau Harapan juga menjadi destinasi favorit untuk para traveller yang ingin melakukan snorkelling. Kawasan wisata ini menawarkan beberapa spot snorkelling terbaik dengan keragaman hayati bawah laut yang masih terjaga dengan baik. Air laut yang jernih, beragam terumbu karang, ikan-ikan, dan ombaknya yang tidak terlalu besar menjadi nilai tambah dari tempat ini.

5. Water sport

Semakin menarik wisatawan dengan tersedianya water sport di perairan Pulau Harapan. Kawasan wisata ini menyediakan beragam wahana olahraga air termasuk banana boat yang masih menjadi favorit wisatawan.

Lokasi dan Rute Menuju Pulau Harapan

Pulau Harapan berada di pesisir utara Jakarta dan termasuk dalam wilayah Kelurahan Harapan, Kepulauan Seribu. Cara mengakses pulau ini tentu saja dengan menyeberang dari dermaga Jakarta.

Salah satu dermaga yang digunakan untuk menyeberang ke Pulau Harapan adalah dermaga Kali Adem. Penyeberangan menggunakan kapal biasanya memakan waktu kurang lebih 3-4 jam. Setelah sampai di Pulau Harapan, wisatawan dapat berkeliling dengan jalan kaki.

Baca juga: Indahnya Wisata Pulau Harapan Yuk Cap Cuz

Apabila ingin mengunjungi pulau lain di sekitar Pulau Harapan, maka wisatawan perlu menyeberang dengan perahu. Kawasan wisata ini memang terdiri dari gugusan-gugusan pulau sehingga Anda pasti harus menyeberang terlebih dahulu.

Harga Tiket Masuk Pulau Harapan

Pengunjung yang masuk ke Pulau Harapan tentunya tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun Anda tetap perlu menyiapkan dana untuk menyeberang ke pulau. Jika ingin masuk ke kawasan konservasi atau tempat penangkaran, maka akan dikenai tiket masuk.

Wisatawan juga perlu membayar lagi jika ingin naik banana boat atau water sport lain. Apabila tidak ingin ribet, Anda bisa memilih paket wisata yang sudah menyediakan paket perjalanan lengkap sehingga Anda tidak perlu memikirkan tiket masuk atau tiket water sport. Harga paket wisatanya tentu beragam jadi bisa dipilih sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Harapan

1. Snorkelling

Saat menikmati liburan di Pulau Harapan, Anda bisa mencoba kegiatan yang menyenangkan ini. Wisata Pulau Harapan dan kawasan lain di Kepulauan Seribu memang terkenal dengan spot snorkelling. Walaupun tidak sepopuler Labuan Bajo atau Bali, tempat ini layak masuk daftar tempat liburan terutama untuk Anda yang suka menyelam.

Biasanya dalam paket wisata sudah ditentukan spot snorkelling mana yang akan dituju. Jadi Anda tidak perlu bingung akan ke perairan mana. Selain itu, semua kebutuhan seperti peralatan snorkelling, kamera underwater, hingga guide biasanya juga sudah disediakan.

2. Island hopping

Pergi berlibur biasanya dilakukan orang-orang untuk melepas penat dari rutinitas pekerjaan. Bagi yang membutuhkan healing atau refreshing, Pulau Harapan ini bisa menjadi tempat pelarian Anda sejenak.

Di Pulau Harapan, wisatawan dapat berjalan-jalan menjelajah pulau atau istilah kerennya adalah island hoping. Tidak perlu khawatir terganggu wisatawan atau ramainya penduduk, karena pulau ini termasuk sepi sehingga Anda bisa tenang menikmati suasana alam sambil berjalan-jalan.

3. Memancing

Mengunjungi Pulau Harapan juga bisa diisi dengan kegiatan memancing. Wisatawan dapat memilih spot memancing di sekitar perairan pulau ini dengan perahu nelayan. Kegiatan ini cukup santai sehingga tidak terlalu menguras tenaga.

4. Foto-foto

Berfoto-foto menjadi kegiatan wajib saat pergi liburan. Termasuk juga ketiga wisata ke Pulau Harapan. Kamera menjadi barang wajib yang perlu bawa saat mengunjungi pulau yang terkenal dengan keindahan pantai berpasir putihnya ini.

Baca juga: Yuk Nikmati 5 Daya Tarik Pulau Harapan yang Tidak Dimiliki Pulau Lainnya

Ada banyak tempat menarik yang bisa menjadi spot foto Anda bersama teman atau rombongan. Abadikan setiap momen liburan Anda dalam jepretan foto sebagai kenang-kenangan.

5. Hunting sunset

Liburan ke Pulau Harapan akan terasa lebih lengkap jika Anda melihat pemandangan sunset yang ditawarkan tempat ini. Panorama matahari terbenam di Pulau Harapan banyak diburu wisatawan khususnya para pecinta sunset.

Selain keindahan sunset yang menarik wisatawan, Pulau Harapan juga menawarkan panorama matahari terbit yang tidak kalah spektakuler. Namun untuk ini, Anda tentunya perlu bermalam agar bisa menikmati keindahan sunrise yang muncul setelah subuh.

6. Menyusuri hutan mangrove

Kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan di sini adalah menyusuri hutan mangrove. Dari dermaga Pulau Harapan, Anda bisa naik perahu kecil untuk melihat lebih dekat kawasan konservasi mangrove yang penting bagi ekosistem pulau ini.

Wisata Pulau Harapan dengan menikmati keindahan hutan bakau di tengah laut yang biru. Anda juga bisa menikmati suasana tenang dan mungkin mendengar kicauan-kicauan burung yang tinggal di kawasan tersebut.

7. Piknik

Bagi Anda yang berlibur ke Pulau Harapan bersama keluarga atau kerabat dekat, mungkin bisa mencoba kegiatan ini. Piknik dengan menggelar tikar atau tempat duduk sambil menikmati makan di pinggir pantai.

Mungkin makan-makan dengan bekal sendiri sudah biasa. Jika ingin yang tidak biasa, Anda bisa mencoba barbeque saat berlibur ke pulau ini. Ikan atau daging bakar dengan aroma khasnya yang lezat pasti akan menggugah selera makan Anda.

Fasilitas di Pulau Harapan

Soal fasilitas tidak perlu dikhawatirkan karena sudah cukup lengkap dan memadai. Dermaga untuk kapal-kapal wisatawan dan Pulau Harapan resort sudah disediakan dan tempatnya pun cukup bagus dan nyaman.

Fasilitas wisata seperti penyewaan alat snorkelling dan water sport juga sudah ada. Wisatawan dapat menikmati liburannya dengan lebih maksimal. Apalagi untuk wisatawan yang menggunakan paket wisata seperti Dinowisata.travel, tidak perlu pusing memikirkan alat snorkelling, tiket water sport, dan lainnya.

Itulah beberapa daya tarik dan kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Harapan. Wisata Pulau Harapan dapat menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin liburan tetapi tidak terlalu jauh dari ibu kota.

(OC/2022)

5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *