Wisata Pulau Tidung yang Populer

Banyaknya objek wisata di Kepulauan Seribu tentu membuat Anda bingung memilih tempat tujuan berlibur disana. Nah, Anda bisa memasukkan Pulau Tidung sebagai pertimbangan tempat berlibur Anda. Pulau ini merupakan pulau yang paling popular diantara gugusan pulau Kepulauan Seribu lainnya.

Pulau Tidung yang Populer

Pulau Tidung menjadi pulau paling popular diantara pulau lainnya yang ada di Kepulauan Seribuan. Bukan hanya karena pulaunya yang indah namun juga karena paket wisata Pulau Tidung dikenal paling ramah di kantong dibandingkan pulau lainnya.

Pulau Tidung sebenarnya terdiri atas dua pulau yang dihubungkan dengan Jembatan Cinta yang di bagian tengahnya melengkung. Pulau Tidung terdiri dari Pulau Tidung Besar yang digunakan untuk pemukiman penduduk dan Pulau Tidung Kecil digunakan sebagai kawasan konservasi alam sehingga tidak berpenduduk.

Pulau Tidung yang paling banyak penduduknya diantara pulau lainnya di Kepulauan Seribu. Pulau Tidung Besar dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas sosial dan ekonomi karena sebagai pemukiman penduduk. Terdapat rumah penduduk, sekolah, fasilitas kesehatan, rumah ibadah bahkan kantor pemerintahan. Sedangkan Pulau Tidung Kecil yang tidak berpenghuni menjadi lokasi pelestarian dan budidaya dari tanaman mangrove. Selain itu pulau ini digunakan sebagai tempat penelitian sekaligus wisata.

Terdapat 2 cara untuk sampai di Pulau Tidung yaitu dengan kapal cepat yang berangkat dari Marina Bay Ancol atau dapat menggunakan kapal feri yang berangkat dari Muara Angke. Bila Anda ingin cepat sampai ke Pulau Tidung Anda bisa menggunakan kapal cepat namun bila Anda lebih mementingkan harga yang bersahabat Anda bisa menggunakan kapal Fery.

Fasilitas Pulau Tidung yang Lengkap

Pulau Tidung memiliki fasilitas umum yang paling lengkap diantara objek wisata lain di Kepulauan Seribu. Anda dapat menemukan berbagai akomodasi seperti villa, homestay, cottage, dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung paket wisata Pulau Tidung yang Anda pilih.

Selain itu Anda dapat menemukan puskesmas, ATM, dan rumah makan dengan mudah. Pulau Tudung sangat cocok bagi Anda yang ingin liburan dengan nyaman disertai berbagai fasilitas yang lengkap.

Lakukanlah Aktivitas Ini di Pulau Tidung

Paket wisata Pulau Tidung biasanya menawarkan aktivitas-aktivitas yang akan membuat liburan Anda menyenangkan seperti berikut ini:

1. Jelajahi Pulau dengan Bersepeda

Aktivitas pertama yang wajib Anda coba adalah bersepeda. Anda bisa menyewa sepeda begitu sampai di Pulau Tidung. Harga sewa sepeda pada umumnya telah termasuk ke dalam paket wisata Pulau Tidung, namun bila tidak termasuk jangan khawatir Anda dapat menyewa sepeda dengan harga 15-20 ribu saja per-harinya.

Anda dapat berkeliling pulau menikmati pemandangan alam yang disuguhkan serta melihat dari dekat kehidupan masyarakat Pulau Tidung. Anda bisa bersepeda mengeksplorasi Pulau Tidung Besar dan Kecil. Namun tidak disarankan ke Pulau Tidung Kecil bila sedang pasang karena ada beberapa bagian yang mungkin terendam air.

2. Snorkeling, Diving dan Island Hopping

Kawasan Pulau Tidung yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya merupakan area Taman Nasional Bawah Laut di Kepulauan Seribu. Anda bisa melakukan snorkeling, diving dan juga island hopping ke pulau-pulau sekitar. Anda bisa mengunjungi Pulau Payung, Pulau Semak Daun dan Pulau Air yang merupakan spot snorkeling dan Diving terbaik. Keindahan terumbu karang, ikan kecil berwarna-warni akan memanjakan mata Anda.

3. Bermain Water Spot

Ombak yang aman dan tenang dari Pulau Tidung cocok digunakan untuk naik banana boat, sofa boat, donat boat, single canoe dan juga bermain jet ski. Anda perlu mencoba menaiki berbagai mainan waterspot itu. Untuk paket lengkap biasanya banana boat sudah termasuk ke dalam paket wisata Pulau Tidung, agar Anda dapat mencobanya tanpa sibuk memikirkan bayaran lagi lebih baik mengecek dengan baik paket wisata pilihan Anda.

4. Wisata Sejarah dan Jiarah

Selain berwisata bahari Anda bisa juga berwisata religi. Terdapat 2 situs budaya di Pulau Tidung yaitu makam Panglima Hitam Wajib dan makam Raja Pandhita. Anda dapat menambah pengetahuan baru selama liburan Anda di Pulau Tidung.

5. Berburu Kuliner

Di Pulau Tidung Anda bisa berwisata kuliner. Anda bisa mencoba makanan khas Pulau Tudung buatan penduduk lokal. Kuliner dengan tema seafood seperti sup kerang hijau, ikan bakar, sup kepala ikan dan sup rajungan dan menu lainnya pastinya tidak boleh Anda lewatkan.

Selain itu terdapat pula sate khas Pulau Tidung yaitu sate odol yang terbuat dari ikan tongkol yang masak dengan bumbu khas. Terakhir Anda juga tidak boleh lupa membeli oleh-oleh khas Pulau Tudung yaitu asinan cumi, manisan rumput laut, manisan buah ceremai dan keripik suku.

Baca juga: Wisata Pulau Tidung? Berikut 7 Aktivitas Menarik di Pulau Tidung

Objek Wisata Lainnya Bertema Cinta

1. Jembatan Cinta

Jembatan yang terbentang dari Pulau Tidung Besar hingga Pulau Tidung Kecil ini terbuat dari kayu dengan panjang kurang lebih 800 meter. Jembatan ini menjadi tempat melihat sunrise maupun sunset. Selain itu Anda dapat menikmati pemandangan laut di bawah jembatan. Bagi Anda yang suka mengabadikan momen melalui ponsel atau kamera Anda jembatan cinta ini menjadi tempat yang wajib Anda abadikan.

Selain itu pada sore hari, anak kecil asli Pulau Tidung biasanya menunjukkan atraksi yaitu melompat ke laut dari jembatan cinta ini, Anak ini akan menghibur sore hari Anda ditemani sunset yang memberi kesan romantis. Bila Anda cukup bernyali Anda bisa ikut bergabung dengan anak-anak kecil tersebut untuk membuat momen tak terlupakan di Pulau Tidung.

2. Taman Cinta

Taman yang biasa digunakan untuk event khusus atau perayaan hari besar ini memiliki konsep fresh yang cocok sebagai tempat berfoto dan bersantai. Setahun sekali di adakan Tidung Festival di Taman Cinta ini.

3. Gembok Cinta

Spot ini merupakan spot instragammable kesekian dari Pulau Tidung. Gembok cinta menghadirkan kesan romantis karena bentuk hati dengan tulisan romantis yang menyentuh.

4. Mahligai Cinta

Spot foto bertema cinta ini berkonsep pelaminan yang dipenuhi oleh bunga-bunga. Abadikan foto dengan latar belakang manis dan romantis dengan orang terkasih Anda di tempat ini.

5. Pantai Romantis

Pantai romantis ini sebenarnya terdiri dari Saung Sunset dan Pantai Cemara Kasih. Pada Pantai Cemara Kasih Anda dapat menemukan pohon cemara yang berjejer sebagai tempat berlindung pengunjung. Sedangkan saung sunset menghadirkan pemandangan sunset yang indah. Tempat ini cocok Anda yang membutuhkan tempat tenang dan sunyi. Anda dapat bersantai di saung sunset yang posisinya menghadap ke bagian Barat Pulau Tidung.

6. Dermaga Cinta

Dermaga ini menjadi spot romantis yang wajib Anda kunjungi pada sore dan malam hari. Lampu yang bersinar di sepanjang Jembatan Cinta menambah kesan romantis.

Diatas itu beberapa informasi mengenai wisata Pulau Pari dan paket wisata Pulau Tidung. Pulau Tidung menawarkan keindahan permukaan dan bawah laut yang sangat tepat sebagai tujuan berlibur. Berbagai aktivitas yang dapat memberikan kenyamanan dapat Anda lakukan di pulau ini. Segera rencanakan liburan Anda dengan sempurna.

(OC/2021)

4.8/5 - (6 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *