10 Tempat Wisata Kuliner Jakarta Paling Favorit Dan Populer

Bukan hanya belantara beton-beton pencakar langit yang menjadi daya tarik wajah kota Jakarta, tapi juga barisan wisata kuliner Jakarta yang membangkitkan selera.

Ada beberapa titik tempat wisata kuliner Jakarta yang senantiasa ramai. Sebagai bekal informasi buat pembaca yang belum tahu, berikut daftar 10 tempat wisata kuliner Jakarta paling favorit dan terkenal yang layak dicoba.

Bubur Kwang Tung Pecenongan

Di salah satu titik yang disebut-sebut sebagai surga kulinernya kota Jakarta, terdapat sebuah restoran dua lantai yang menjual aneka menu ala Hongkong. Namun yang jadi signature di sini adalah aneka buburnya. Tersedia beragam bubur yang kelezatannya sudah tidak perlu diragukan lagi, seperti bubur ayam, bubur sapi iris, bubur bubur udang, bubur ikan kerapu, bubur scallop, bubur ayam jamur, bubur polos, bubur ayam Hainan, bubur kepiting, bubur gurame, bubur ayam jamur, juga bubur seafood. Tersedia pula aneka kondimen yang turut menyempurnakan citarasa bubur itu sendiri, seperti cakwe, kacang tanah, telur asin, dan yang tak boleh dilewatkan adalah telur pithan.

Tempat wisata kuliner Jakarta yang satu ini telah dibuka sejak tahun 2003 silam dan masih eksis hingga sekarang. Bahkan pengunjungnya semakin ramai, terutama pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Beralamat di Jalan Pecenongan, No.671, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat. Kalau tidak sempat datang pagi, Anda masih punya kesempatan mencoba aneka macam bubur di sini pada malam hari karena Bubur Kwang Tung buka nonstop selama 24 jam.

Baca juga: 10 Tempat Destinasi Wisata Jakarta Paling Hits Dan Populer

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Untuk urusan nasi goreng, orang Indonesia jagonya. Bahkan mantan presiden AS, Barrack Obama, tak bisa lupa dengan kelezatan nasi goreng Indonesia. Nah, salah satu wisata kuliner Jakarta yang menghadirkan menu nasi goreng bertempat di kawasan Kebon Sirih, Jakarta pusat. Tepatnya di pelataran pertokoan Jalan Sultan Iskandarsyah.

Nasi goreng kambing kebon sirih ini termasuk kuliner legend di Jakarta. Betapa tidak, warung kaki lima dengan pengunjung yang nyaris tidak pernah sepi ini telah ada sejak tahun 1958. Selain nasi goreng kambing, tersedia juga menu lain seperti sate kambing dan sate ayam. Selain serba sedap, harga per porsi pun tidak bikin kantong jebol. Hanya saja, harus sabar mengantri atau datanglah lebih awal jika ingin dilayani lebih cepat. Jam operasional warung nasi goreng kambing ini dimulai dari pukul 5 sore hingga 2 dini hari.

Soto Betawi Haji Amir 21

Salah satu tempat legendaris menyantap soto betawi paling enak adalah Gerai Soto Betawi Haji Amir yang beralamat di Jalan Danau Sunter Utara Blok B 1A nomor 5, Sunter Agung Podomoro, Jakarta Utara.

Di sini tersedia soto betawi dengan isian yang berbeda-beda antara lain: irisan daging sapi, paru, ayam, kikil, atau campur. Citarasa kuah santannya patut diacungi jempol. Terlebih potongan daging di dalamnya yang empuk dan banyak. Biasanya soto betawi disantap bersama nasi.

Walau menjadi menu andalan, namun ada banyak lagi menu lainnya yang tak kalah sedap seperti nasi uduk, sate kambing, sate empal, sate ayam, ayam goreng, nasi uduk, dan otak-otak bakar.

Sate Sambas

Khusus di Jakarta Selatan, terdapat sebuah kawasan yang terkenal dengan jajanan satenya. Ya, tempat wisata kuliner Jakarta yang satu ini memang jadi tempat mangkalnya para pedagang sate populer. Sepanjang Jalan Sungai Sambas mata berjajar gerobak-gerobak pedagang sate yang menawarkan menu andalan mereka masing-masing. Ada sate kambing, sate campur, sate kulit, sate ayam, hingga sate telur muda.

Walau konsep dagangannya kaki lima, namun soal rasa dijamin tidak kalah dengan sate yang dijual di restoran bintang lima. Potongan dagingnya tebal namun tetap juicy. Ditambah lagi kuah kacang atau guyuran kecap pedas,membuat  selera makan makin bertambah. Jika tertarik, datanglah ke sini pada pukul 4 sore hingga 12 malam.

Sate Tulang Eldodaro

Beranjak ke Kelapa Gading Boulevard, Jakarta Utara, kita akan menjumpai café tenda yang menjual sate tulang. Sate tulang ini sebenarnya menu khas Banjarmasin namun tersedia di Jakarta agar lebih mudah dijangkau. Sate tulang menggunakan tulang punggung dari ayam yang berusia satu bulan. Jadi, bisa dipastikan tulangnya tidak keras. Persis seperti makan tulang rawan.

Sate dibakar dengan kecap dan bumbu oles rahasia kemudian disantap kuah cabe yang gurih. Selain itu, ada juga sate sayap, sate kulit, sate ayam, sate ceker, dan sate berutu.

Mie Ayam Rindu

Sesuai dengan namanya, mie ayam ini memang bikin pelanggan senantiasa rindu untuk datang lagi dan lagi. Berlokasi di Jalan Kota Gedang, nomor 33, Mie Ayam Rindu termasuk tempat wisata kuliner Jakarta yang sudah sedemikian sering dibicarakan. Walaupun tempat parkir kendaraan kurang memadai, namun itu bukan menjadi penghalang demi menyantap lezatnya Mie Ayam Rindu.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Kuliner Bandung Paling Favorit Dan Populer

Mie ayam Rindu menggunakan mie pipih yang lembut. Ditambah ayam cincang gurih beserta pangsit basah, acar, sawi, dan sambal. Per porsi hanya dibandrol seharga 15 ribu rupiah saja.

Mie Ayam Gondangdia

Mie ayam Gondangdia turut masuk dalam daftar kuliner Jakarta terpopuler. Kelezatannya tak main-main, bahkan Mie Ayam Gondangdia ini termasuk salah satu dari menu makanan favorit mantan Presiden RI, Megawati Soekarno Putri.

Selain mie ayam, di sini juga tersedia beberapa pilihan menu yang tak kalah lezat seperti bihun goreng seafood, fuyunghai, ayam kuluyuk, dsb. Lokasinya berada di Jalan Cikini IV, Nomor 12 A, Jakarta Pusat.

Kuliner Sarang Oci

Wisata kuliner Jakarta yang tak kalah menggiurkan adalah Sarang Oci. Tempat ini menyuguhkan aneka olahan laut dengan citarasa pedas, seperti cakalang woku hijau bakar, ekor tenggiri bakar, sirip pari, sambal rica-rica, dan masih banyak lagi. Pengunjungnya datang silih berganti. Bahkan pada jadwal makan siang, kita harus mengantri tempat duduk.

Ingin buktikan sendiri? Datang saja ke alamat Jalan Panjang Arteri, Kelapa Dua no 99, Kebon Jeruk, Jakarta Pusat.

Ice Cream Ragusa

Tempat kuliner Jakarta yang satu ini juga jangan sampai dilewatkan. Sebuah bangunan tua tak jauh dari Masjid Istiqlal kerap menjadi titik persinggahan orang-orang yang ingin mencoba es krim Italia. Toko es krim ini telah berdiri sejak 1930-an. Dari dulu hingga sekarang kelezatan es krimnya tidak pernah berubah. Karena itu, Ragusa tetap berjaya meski kompetitornya bertambah.

Baca juga: 10 Tempat Destinasi Wisata Yogyakarta (Jogja) Paling Hits Dan Populer

Cukup banyak varian rasa es krim yang bisa dipilih. Harganya pun terjangkau, berkisar 20-35 ribu rupiah saja per porsi.

Gado-Gado Bon Bin

Tempatnya sederhana dan jauh dari kesan instagramable, tapi pengunjungnya tak pernah sepi. Apalagi saat jam makan siang, pengunjung mengular menunggu dapat tempat kosong untuk makan. Ternyata semua itu karena citarasa gado-gadonyanya yang istimewa. Belum lagi harganya sangat terjangkau dan porsinya banyak. Bakal mengenyangkan dan irit tentunya.

Itulah 10 wisata kuliner Jakarta paling favorit dan populer. Jika sewaktu-waktu Anda berkunjung ke Jakarta, jangan lupa mampir untuk mencoba.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Pulau Seribu Paling Hits dan Menarik, dengan Biaya Murah Terjangkau!!

(PP/2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *