Destinasi Wisata Pulau Seribu Yang Wajib Dicoba!

Indonesia punya beragam tempat wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya Pulau Seribu yang bisa dikunjungi saat sedang mengunjungi Ibu Kota. Wisata Pulau Seribu ini tentu saja tak kalah jika bersaing dengan yang lainnya terutama di Pulau Seribu ini Anda juga bisa berwisata sejarah.

Destinasi Wisata Pulau Seribu

Pulau Seribu punya destinasi wisata yang patut untuk dicoba, terutama bagi warga Jakarta yang enggan bepergian ke luar kota Jakarta. Ada banyak sekali wisata yang dapat dicoba di Pulau Seribu ini. Terutama akan sangat cocok bagi pecinta pantai karena di Pulau Seribu wisatanya sangat dominan dengan pantai.

Pantai yang ada di tempat wisata ini tentu tak hanya satu bahkan bisa lebih dari 5 pantai yang bisa di kunjungi. Pulau Seribu sendiri terletak tidak jauh dari Ibukota Jakarta sehingga jadi salah satu destinasi wisata yang memang banyak dikunjungi oleh warga Jakarta.

8 Destinasi Wisata Pulau Seribu

Destinasi wisata yang ada di Pulau Seribu ada berbagai macam tempat yang bisa dikunjungi. Terutama wisata pantai yang ada di Pulau Seribu yang bagus sangat beragam. Berikut ini 8 destinasi wisata yang ada di Pulau Seribu!

1. Pulau Tidung

Destinasi wisata Pulau Seribu yang bisa Anda kunjungi yaitu Pulai Tidung yang juga jadi destinasi wisata favorit atau primadona dari Pulau Seribu. Pulau Tidung ini jadi salah satu yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Objek wisata yang paling terkenal dari Pulau Tidung ini yaitu Jembatan Cinta.

Jembatan Cinta ini merupakan jembatan penghubung dari Pulau Tidung Kecil ke Pulai Tidung Besar. Jembatan Cinta ini merupakan jembatan kayu dengan panjang 800 meter. Jembatan ini juga sering kali digunakan bagi mereka yang senang uji nyali karena banyak yang menggunakan jembatan ini untuk melompat dengan ketinggian 5 sampai 6 meter.

Untuk menuju ke Pulau Tidung ini Anda bisa melalui dermaga Muara Angke yang berjarak sekitar 3 jam. Ada banyak wisata seru yang bisa dicoba di Pulau Tidung seperti snorkling, berperahu dan menyelam.

2. Pulau Pramuka

Destinasi kedua yaitu Pulau Pramuka yang juga jadi destinasi wisata favorit di Pulau Seribu. Pulau Pramuka ini tak hanya memiliki wisata laut saja tetapi ada juga wisata edukasi dari Pulau Pramuka ini yaitu wisata penyu sisik yang merupakan penyu langka.

Baca juga: Wajib Coba! Liburan Seru Ke Pulau Seribu

Konservasi penyu sisik ini merupakan salah satu daya tarik tertinggi dari Pulau Pramuka. Selain edukasi wisata penyu sisik ini wisata air seperti snorkeling juga menjadi daya tarik Pulau Pramuka. Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang berpenghuni sehingga cukup ramai.

Menikmati suasana Pulau Pramuka ini juga bisa dilakukan dengan berkeliling menggunakan sepeda. Terdapat juga penginapan, pondok untuk bersantai serta tempat untuk penyewaan alat-alat untuk snorkeling.

3. Pulau Harapan

Pulau Harapan jadi destinasi wisata selanjutnya yang bisa dikunjungi saat sedang berada di Pulau Seribu. Pesisir pantai pulau Harapan ini memiliki jembatan kayu yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan sekitar Pulau Harapan. Pemandangan gugusan pantai yang ada di Pulau Harapan ini juga akan menambah keindahan.

Yang sangat terkenal dari Pulau Harapan ini adalah terumbu karangnya. Wisatawan bisa dengan bebas menikmati terumbu karang yang ada di Pulau Harapan ini. Selain itu, Pulau Harapan juga punya daya tarik lain yaitu adanya habitat Elang Bondol di pulau ini sehingga pulau ini juga bisa menjadi wisata edukasi.

4. Pulau Ayer

Wisata Pulau Seribu selanjutnya yaitu Pulau Ayer. Pulau ini terletak tak jauh dari Dermaga yang ada di Pantai Marina. Hanya berjarak 14 km saja dan Anda sudah bisa menikmati keindahan alam pulau Ayer ini. Ada begitu banyak cottage yang di bangun di atas laut pulau ini dengan pemandangan yang tentunya luar biasa indah.

Konsep cottage di pulau ini seperti etnik Papua yang menambah keunikan dari Pulau Ayer sekaligus jadi daya tarik untuk pulau ini. Dulunya pulau Ayer juga pernah di singgahi oleh Presiden pertama RI yaitu Ir. Soekarno untuk menyegarkan pikiran.

5. Pulau Macan

Pulau Macan jadi wisata selanjutnya yang harus dikunjungi saat berada di Pulau Seribu. Belakangan ini nama Pulau Macan kembali terangkat karena ada beberapa influencer yang berkunjung ke pulau ini.

Selain itu, Pulau Macan juga punya pemandangan yang luar biasa yang bisa memanjakan mata wisatawan. Laut yang biru kehijauan membuat suasana jadi lebih tenang. Tak heran bila Pulau Macan jadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat ke Pulau Seribu.

6. Pulau Putri

Pulau Putri merupakan pulau yang unik karena punya akuarium bawah laut dan termasuk akuarium raksasa yang bisa dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya. Tentu ini jadi salah satu daya tarik dari Pulau Putri yang harus dicoba oleh wisatawan.

Baca juga: Berlibur ke Wisata Pulau Seribu yang Indah!

Keindahan alam di pulau ini juga bisa memanjakan mata dan sangat cocok untuk menikmati sunset. Liburan ke Pulau Putri bisa dilakukan bersama dengan keluarga dengan menginap di penginapan sekitar pulau dan tentunya memiliki fasilitas lengkap.

7. Pulau Bidadari

Jika Anda tidak ingin pergi terlalu jauh maka bisa ke Pulau Bidadari ini yang hanya berjarak 15 km dari Jakarta sehingga pemandangan gedung bertingkat di kota masih sangat terlihat. Gedung bertingkat di kota Jakarta terlihat seperti miniatur jika dinikmati dari Pulau Bidadari ini.

Wisata air yang ditawarkan oleh pulau ini tak jauh berbeda dengan pulau lainnya seperti wisata snorkeling, diving, berperahu dan juga wisata tepi pantai. Pulau ini cukup dekat dengan daratan sehingga sangat jarang terlihat wisatawan yang menginap di pulau ini. Pulau Bidadari juga punya mangrove yang menambah keindahan pantai.

8. Pulau Semak Daun

Wisata Pulau Seribu selanjutnya ada Pulau Semak Daun yang menawarkan wisata keindahan bawah lautnya. Bentangan pasir putih yang ada di pulau ini akan menambahkan keindahan. Pulau Semak Daun ini bukan pulau yang berpenghuni sehingga suasanya tidak terlalu ramai hanya diisi oleh wisatawan saja.

Bagi Anda, warga Jakarta yang cukup penat dengan pekerjaan bisa pergi ke pulau ini dan menikmati suasana pulau serta keindahan pulau. Bagi yang ingin menginap, bisa mendirikan tenda di pinggir pantai karena pulau ini tidak memiliki penginapan di sekitarnya.

Karena itu, pulau ini banyak diburu oleh mereka yang senang berkemah karena suasana yang sepi dan bisa menikmati deburan ombak pinggir pantai sembari berkemah. Airnya yang masih sangat jernih membuat pemandangan bawah laut sangat terlihat jelas.

Bagi yang ingin berkemah di tempat ini sebaiknya tetap menjaga kebersihan dan membawa pulang kembali sampah yang di bawa dari daratan.

Semoga informasi terkait dengan wisata Pulau Seribu ini dapat bermanfaat bagi Anda. Bagi yang bingung terkait akomodasi, Anda bisa memesan paket wisata Pulau Seribu 2 hari 1 malam yang lengkap dan tidak ribet. Selamat mencoba!

(OC/2022)

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published.