Menikmati Paket Wisata Pulau Tidung Di Libur Lebaran 2020

Lebaran menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang. Selain sebagai ajang silaturahmi berkumpul dengan keluarga, cocok juga diisi dengan kegiatan berwisata ke suatu tempat yang menyenangkan. Wisata pulau menjadi salah satu alternatif yang paling banyak dituju. Tidak perlu jauh-jauh sampai ke luar negeri. Sebab di Indonesia banyak sekali pulau-pulau cantik yang layak dikunjungi. Wisata Pulau Tidung, misalnya. Bahkan, jauh-jauh hari paket wisata Pulau Tidung lebaran sudah banyak yang terjual. Hal itu tentu saja dikarenakan kemolekan wisata bahari yang dimilikinya sehingga membuat wisatawan dalam dan luar negeri tertarik untuk datang. Apalagi semakin lama fasilitas di ini kian bertambah berkat pengelolaan yang baik oleh masyarakat setempat.

Wisata Pulau Tidung nyaris tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi pada musim liburan hari raya seperti libur lebaran. Jumlah pengunjung bisa melonjak 2-3x lipat dari biasanya. Namun yang kerap jadi pertanyaan, apakah ada kesamaan harga antara paket wisata Pulau Tidung lebaran dengan hari-hari biasa?

Jawabannya jelas ada. Rata-rata agen perjalanan wisata pasti menaikkan skema harga paket wisata Pulau Tidung lebaran. Tapi jika ingin mendapatkan paket hemat, Dino Traveling menyediakannya untuk konsumen. Paket hemat ini tersedia dalam 1 pilihan saja, yakni paket 2 hari 1 malam (2D1N).  Biaya per orang dikenai seharga Rp 260.000,- saja. Dengan harga segitu konsumen berhak mendapatkan fasilitas:

  • Tiket transportasi kapal PP dari pelabuhan Kaliadem Muara Angke – Pulau Tidung.
  • Penginapan berupa homestay ber-AC.
  • Makan 3x sehari.
  • Jalan-jalan ke saung cemara.
  • Jalan-jalan ke pantai jembatan cinta.
  • Jalan-jalan ke pantai saung sunset.

Karena ini merupakan paket hemat, fasilitas yang didapat juga tidak seberapa lengkap. Bahkan, jadwal kegiatan selama wisata (itinerary) tidak diatur pihak agen perjalanan.  Jadi, dalam hal ini Anda harus lebih banyak mandiri mengatur segala sesuatu yang dibutuhkan selama berwisata. Apabila ingin menikmati fasilitas seperti banana boat, kano, snorkeling, atau butuh jasa pemandu (guide), Anda akan dikenakan biaya tambahan lagi.

Baca juga: 3 Tips Libur Lebaran Wisata Pulau Seribu, Yang Harus Anda Ketahui!!!

Di luar paket hemat seharga Rp 260.000,-/orang, masih banyak lagi paket-paket wisata ke Pulau Tidung lainnya yang disediakan Dino Travel selama lebaran. Semisal paket standar favorit 2D1N seharga Rp 640.000,-/orang (min. order untuk 2 orang) atau paket lengkap 2D1N dengan harga 670.000,-/orang (min. order 2 orang). Dengan membayar senilai price list tersebut, konsumen berhak atas sejumlah fasilitas, antara lain:

  • Tiket transport kapal PP dari Pelabuhan Kaliadem Muara Angke – Pulau Tidung 
  • Welcome drink
  • Penginapan berupa homestay ber-AC
  • Makan 3x sehari 
  • Peralatan snorkeling 
  • Kapal snorkeling menuju spot perairan
  • Pemandu snorkeling (guide laut)
  • Sepeda santai 
  • Pemandu wusata (tour guide)
  • Camera underwater
  • Barbeque
  • Jalan-jalan ke pantai saung cemara
  • Jalan-jalan ke jembatan cinta
  • Jalan-jalan ke pantai saung sunset/tanjung barat
  • Bonus spanduk (khusus untuk order paket min. 30 orang) 

*Fasilitas tambahan untuk paket lengkap 2D1N gratis menikmati permainan banana boat. Fasilitas di atas di luar tip guide dan biaya parkir sepeda.

Untuk pemesanan paket di atas 2 orang, akan mendapat potongan harga yang menggembirakan. Makin banyak, makin murah. Sebaiknya, lakukan reservasi jauh-jauh hari sebelum memasuki libur lebaran. Sebab, dari tahun ke tahun paket wisata ke Pulau Tidung menjadi buruan banyak wisatawan lokal maupun asing.

Sekilas Tentang Pulau Tidung

Pulau merupakan satu dari ratusan pulau dalam gugusan Kepulauan Seribu. Di antara semua pulau, Pulau Tidung inilah yang terbesar dan telah menjadi pulau berpenghuni sejak tahun 1800. Pulau ini terbentang dari barat ke timur. Namun terbelah menjadi dua bagian yakni Pulau Tidung besar dan Pulau Tidung kecil. Keduanya dihubungkan dengan sebuah jembatan fenomenal yang dinamakan Jembatan Cinta.

Baca juga:

Sebagai pulau berpenduduk, berbagai sarana umum telah tersedia di sini. Contoh, tempat ibadah, penginapan, tempat makan, toilet umum, sekolah, posko keamanan, gerai oleh-oleh, dan klinik kesehatan. Dan sudah tersedia juga gerai ATM.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta. Hanya memakan waktu perjalanan sekitar 1,5-2,5 jam saja melalui jalur laut. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa Pulau Tidung kerap jadi pilihan tempat berlibur.

Baca juga: Alasan Paket Wisata Pulau Tidung Makin Banyak Diminati Wisatawan!!

Spot Menarik Pulau Tidung

Sesampainya di Pulau Tidung, jangan lupa menyinggahi spot-spot keren berikut ini.

Saung Cemara

Di sebelah barat Pulau Tidung Kepulauan Seribu terdapat sebuah pantai yang dinamakan Saung Cemara. Kalau menggunakan sepeda, dari pusat Pulau Tidung membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit untuk bisa sampai ke pantai ini. Suasana pantainya cukup sepi. Cocok sekali untuk wisatawan yang menginginkan suasana tenang.

Sepanjang jalur menuju pantai, kita disuguhkan pemandangan berupa hutan-hutan kecil dan padang rumput. Asyiknya lagi, pantai ini banyak ditumbuhi pohon pinus sehingga terasa teduh dan sejuk. Beberapa ayunan kayu disediakan untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai sembari berayun-ayun.

Tak hanya itu, perairan Saung Cemara terbilang aman karena kedalamannya hanya sebatas betis orang dewasa saja. Jadi kita bisa bebas bermain air sepuasnya tanpa takut tenggelam.

Saung Sunset

Beranjak ke arah tanjung barat, ada sebuah pantai yang juga tidak kalah elok. Saung Sunset, nama popularnya. Tapi sebagian orang menyebutnya dengan Saung Perawan. Tak jauh berbeda dari Saung Cemara, Saung Sunset ini pun terbilang sepi.

Namun, soal pesona alamnya jangan diragukan. Bahkan, Saung Sunset direkomendasikan untuk wisatawan yang ingin sun bathing atau sekadar menikmati menit-menit menjelang matahari tenggelam (sunset) di tepi pantai. Sambil menunggu sunset, kita bisa sekalian mencari siput atau “kede-kede” yang sangat mudah ditemukan di sepanjang pantai. Ukurannya sekitar setengah ibu jari orang dewasa.

Jembatan Cinta

Selain berfungsi sebagai jembatan penghubung antara Pulau Tidung besar dengan Pulau Tidung kecil, ternyata jembatan yang satu ini jadi icon wisata Pulau Tidung. Belum lengkap rasanya jika tidak berswafoto di sini sebagai kenang-kenangan pernah menjejak di Pulau Tidung.

Jembatan Cinta dibuat berdasarkan prakarsa masyarakat setempat agar lebih mudah jika ingin menjangkau antar Pulau Tidung. Namun dahulu jembatan ini hanya terbuat dari kayu. Makin lama makin keropos karena air laut dan dikhawatirkan tak kuat lagi menahan beban orang-orang yang lewat di atasnya. Maka konstruksi jembatan pun diubah menjadi beton. Kini tampilannya Jembatan Cinta tampak semakin apik. Tiap beberapa langkah terdapat landasan kaca seperti jembatan fenomenal di China. Bagi yang ingin berenang dan ingin terjun bebas dari atas jembatan juga dipersilakan. Berani coba?

Taman Agrowisata

Pagi hari adalah waktu yang paling pas berkunjung ke Taman Agrowisata yang terdapat di Pulau Tidung Kecil. Kita dapat menjangkaunya sambil jogging pagi dan menghirup udara segar sekitar. Di taman ini kita bisa melihat area penangkaran biota laut seperti penangkaran penyu sisik.

Baca juga: 10 Spot Foto Wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu Yang Kekinian dan Instagramable, Wajib Coba!!

Itulah gambaran singkat tentang Pulau Tidung. Tentu masih banyak lagi spot-spot keren lainnya yang dapat Anda temukan di sana. Silakan reservasi paket lebaran Pulau Tidung yang tinggal beberapa minggu lagi dan rasakan sensasi liburan seru selama berada di sana.

(PP/2020)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *