10 Fakta Tentang Pulau Seribu Yang Harus Anda Ketahui

Beberapa bulan lagi kita akan memasuki musim liburan pertengahan tahun. Sudahkah Anda menyusun rencana liburan ke suatu tempat yang menyenangkan? Bila belum ada gambaran sama sekali, mungkin berwisata ke pulau bisa jadi bahan pertimbangan. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia banyak sekali pulau-pulau yang tak kalah elok. Bahkan, beberapa di antaranya berlokasi dekat dengan Jakarta. Semisal, Pulau Seribu.

Tentang Pulau Seribu sebetulnya bukan sesuatu yang bisa dibilang baru dalam daftar panjang destinasi wisata di Indonesia. Hanya saja, kawasan kepulauan ini memang sedang dipromosikan besar-besaran oleh Kementerian Pariwisata agar namanya lebih dikenal luas lagi hingga ke mancanegara sebagaimana Pulau Bali dan Kepulauan Raja Ampat.

Untuk tahu lebih banyak tentang Pulau Seribu, berikut 10 fakta menarik tentang pulau tersebut.  Check it out!

Wisata Pulau Terdekat Dengan Jakarta

Pulau Seribu merupakan gugusan kepulauan yang berada di sebelah utara Jakarta. Posisinya berhadapan dengan Teluk Jakarta. Kepulauan Seribu adalah satu-satunya kabupaten di antara enam wilayah administrasi yang ada di Jakarta dan beribukota di Pulau Pramuka. Oleh pemerintah kepulauan ini secara resmi dinamakan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, tetapi di kalangan masyarakat luas lebih dikenal dengan nama Pulau Seribu.

Titik terdekat kepulauan ini berjarak sekitar 37 mil laut dari Jakarta dan terjauh 70 mil. Karena terbilang dekat, maka lama perjalanan hanya memakan waktu sekitar  1,5-3 jam saja melalui jalur laut (tergantung jenis moda transportasi laut yang digunakan, kecepatan angin, serta gelombang air laut).

Satu-Satunya Wilayah Ibukota Yang Tidak Dilalui Oleh Transjakarta

Dari waktu ke waktu Pulau Seribu terus mengalami perkembangan, baik dari sektor ekonomi, pendidikan,  sarana, dan prasarana. Begitu pula dengan pertumbuhan penduduk yang mendiami wilayah tersebut. Menurut data statistik tahun 2016 silam, jumlah penduduk di atas wilayah seluas 8,7 Km2 mencapai 23.600 jiwa dan diprediksi mengalami pertambahan sampai dengan tahun 2020 ini.

Sarana kesehatan, tempat ibadah, sekolah, pasar, klinik kesehatan, penginapan, telah tersedia. Namun, jangan harap kita bisa menjumpai Transjakarta dan MRT di sini. Sebab, masyarakat setempat lebih banyak mengandalkan transportasi laut berupa kapal mesin ataupun dayung jika ingin menjangkau pulau-pulau sekitarnya. Selebihnya, cukup dengan berjalan kaki ataupun bersepeda karena letak antar satu tempat dengan tempat lainnya tidak terlalu berjauhan.

Jumlah Pulaunya Tidak Sampai Seribu

Banyak yang mengira penamaan Kepulauan Seribu ini ada kaitannya dengan jumlah dengan pulau-pulau yang terdapat di sana. Ternyata bukan sama sekali. Fakta sebenarnya hanya ada sekitar 342 pulau saja yang terdapat di sana. Itu pun tidak semua pulau yang punya vegetasi dan cuma 11 pulau saja yang berpenghuni. Selebihnya hanya berupa pulau pasir dan terumbu karang.

Penamaan Pulau Seribu semata-mata berdasarkan hiperbolik saja. Karena memang di kepulauan ini terdapat gugusan pulau-pulau kecil yang banyak sekali jumlahnya, maka disimpulkanlah jumlahnya mencapai seribu. Jadi jika Anda liburan ke Pulau Seribu, Anda berkesempatan menjelajahi beberapa pulau di sekitarnya.

Pesona Alam Yang Berbeda-Beda

Biasanya seindah apapun sebuah pulau, namun jika belum terjamah sama sekali oleh manusia, justru akan menimbulkan rasa takut tersendiri. Namun untuk 11 pulau ini Anda tidak perlu khawatir karena sudah dihuni oleh penduduk setempat. Kesebelas pulau tersebut antara lain Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Harapan, Pulau Panggang, Pulau Kelapa, Pulau Onrust, Pulau Lancang, dan Pulau Sebira.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Pulau Seribu Paling Hits dan Menarik, dengan Biaya Murah Terjangkau!!

Tapi jika wisatawan benar-benar menginginkan pulau yang teramat sepi bagai tidak berpenghuni, pilihannya bisa ke Pulau Kotok, Pulau Sepa, Pulau Air, Pulau Karang Congkak, atau Pulau Semak Daun. Pastikan membawa perbekalan yang cukup karena jika Anda membutuhkan sesuatu akan sulit mendapatkannya di sekitar pulau.

Masing-masing pulau punya pesona alam yang berbeda-beda. Mungkin Anda membutuhkan waktu beberapa hari agar bisa mengeksplore seluruh keindahan pulau-pulau di sana dan mendapatkan kesan yang berbeda-beda dari tiap pulau.

Terdapat Pulau Gosong

Fakta tentang pulau seribu yang tak kalah menarik untuk diketahui ialah Pulau Gosong. Pulau gosong merupakan salah satu pulau terunik di Pulau Seribu. Pulau ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin sun bathing atau berjemur. Betapa tidak? Di pulau ini kita tidak akan menemukan pepohonan atau tumbuhan sebagai peneduh. Yang ada hanya hamparan pasir dan karang saja. Terbayang kan bagaimana panasnya pulau ini saat siang hari? Seolah-olah bisa bikin kulit kita jadi gosong!

Monas Di Dalam Air

Fakta ini pasti membuat Anda yang belum pernah ke Pulau Seribu tercengang. Ternyata, selain di kota Jakarta, tugu Monas juga dapat kita temukan di Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Pramuka. Bahkan yang lebih fantastik tugu tersebut terdapat di dalam laut! Bagaimana bisa?

Jelas bisa karena tugu ini hanya berupa replikanya saja. Tugu setinggi 2,5 meter ini dibangun pada perayaan Coral Day sebagai bentuk wujud pelestarian terumbu karang dan biota laut. Di sekitar tugu replika tersebut dibangun pula piramida yang kini menjadi tempat tinggal belut Moray. Untuk dapat melihat tugu ini secara langsung, kita harus menyelam terlebih dahulu sedalam 15 meter. Are you ready?

Terdapat Banyak Jejak-Jejak Sejarah Peninggalan Belanda

Berwisata ke Pulau Seribu sebetulnya bukan hanya untuk bersenang-senang saja, melainkan menambah wawasan sejarah. Ada cukup banyak bukti peninggalan sejarah kolonial Belanda dapat kita temukan di sini. Satu di antaranya, di Pulau Onrust.

Tahun 1615 VOC sempat mendirikan dok kapal di pulau ini. Namun beberapa tahun kemudian hancur karena diserang Inggris. VOC lalu membangun ulang di tempat yang sama dan hasilnya dijadikan pangkalan kapal. Pada tahun 1911-1933 tempat tersebut bahkan pernah dijadikan lokasi karantina jemaah haji yang baru tiba dari Mekkah. Sampai saat ini, sisa-sisa sejarah tersebut masih bisa kita temui di Pulau Onrust.

Jembatan Antarpulau

Sebagai sebuah destinasi wisata, “wajah” Kepulauan Seribu terus diperindah dengan pembangunan sarana dan prasarana pendukung. Contohnya, Jembatan Cinta sebagai jembatan antarpulau yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Sebelum Jembatan Cinta dibangun, kita harus mengandalkan kapal atau berenang untuk bisa sampai ke pulau berikutnya. Dengan adanya jembatan, maka kita bisa menyeberang laut tanpa harus tersentuh air sedikitpun.

Situs Wisata Religi

Bukan hanya menikmati keindahan laut saja bisa kita lakukan di Pulau Seribu, tapi juga berwisata religi ke makam ulama-ulama  terkenal dan pejuang-pejuang Islam yang pernah berjaya di masanya. Sebut saja seperti makam ulama tersohor asal Hadramaut, Al Habib Ali Bin Ahmad Bin Zein Aidid, Syarif Maulana Syarifuddin, dan Sultan Mahmud Zakaria.

Kaya Akan Flora Dan Fauna

Kekayaan alam flora dan fauna di Pulau Seribu sangat berlimpah, terutama yang berada di laut. Untuk melestarikannya, maka 22,65% dari total luas perairan berada di bawah pengawasan pihak Taman Nasional Kepulauan Seribu. Jadi, jangan coba-coba mencemari lingkungan tersebut atau memburu satwa langka seperti penyu hijau, bintang laut, atau satwa lucu-lucu lainnya kalau tidak ingin dikenai sanksi.

Itulah 10 fakta tentang Pulau Seribu yang harus Anda ketahui. Tertarik? Atur jadwal keberangkatan Anda lalu booking tiket segera!

(PP/2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *